Sisi Terang
Sisi Terang

12 Pakaian Trendi yang Bisa Membahayakan Kesehatan

Banyak pakaian atau aksesori populer tidak seberbahaya seperti yang kita kira. Tapi, kalau kita tidak memperhatikan kain yang kita kenakan, atau kalau kita membeli kacamata hitam di jalanan, atau memilih pakaian yang modis tapi tidak terlalu nyaman, akibatnya bisa sangat buruk.

Di Sisi Terang, kami percaya kalau pakaian yang kami kenakan tidak hanya harus cantik dan nyaman tapi juga harus aman. Jadi, kami membuat daftar pakaian yang tidak seharusnya kamu beli, atau yang harus kamu pakai dengan hati-hati.

Baju renang biru

Saat memilih baju renang untuk anak, pilihlah yang berwarna cerah dan kontras, seperti merah, kuning, dll. Warna ini menonjol dan kontras terhadap warna air di kolam renang, danau, atau laut. Sebaiknya hindari pakaian renang biru untukmu dan anak-anak. Warna biru membuat orang yang berada di dalam air hampir tidak terlihat, dan ini tidak aman karena alasan yang jelas.

Legging yang terlalu ketat

Mengenakan legging secara terus-menerus dapat menyebabkan iritasi kulit. Faktanya, legging biasanya terbuat dari bahan yang padat dan cukup ketat. Saat kamu bergerak, kainnya menggesek kulit halusmu.

Selain itu, keringat yang menempel di legging, dan bagian tubuh yang lembab dan hangat merupakan tempat bakteri tumbuh dengan subur. Oleh karena itu, disarankan untuk sering mengganti dan mencuci legging setelah digunakan.

Baju oversize

Bukan hanya pakaian ketat yang bisa berbahaya. Hoodie yang besar dan berat terkadang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di leher dan punggung. Lengan pakaian yang lebar dapat membuat lenganmu dalam posisi yang tidak wajar, yang dapat menyebabkan ketegangan pada otot-otot tubuh.

Ketika kamu mengenakan bagian kepala hoodie yang besar, kamu harus meregangkan dan menarik lehermu ke depan agar bisa melihat. Dan jika dibiarkan menggantung di punggung, itu dapat menahan tenggorokan dengan cara yang tidak menyenangkan.

Kacamata hitam tanpa perlindungan khusus

Tujuan utama mengenakan kacamata hitam adalah melindungi matamu dari radiasi ultraviolet yang berbahaya, bukan hanya dari terik sinar matahari. Jika kacamatamu tidak memiliki label yang bertuliskan UV 400, aksesori ini tidak akan memberimu perlindungan maksimal.

Perlindungan UV tidak dapat ditentukan oleh kegelapan lensa. Bahaya kacamata hitam bisa lebih banyak dari manfaatnya, yaitu membuat pupil mata membesar, dan jika tidak ada filter UV, matamu bisa rusak parah. Sebaiknya kamu membeli kacamata hitam di toko khusus yang memiliki perangkat khusus yang disebut fotometer.

Beberapa jenis topi musim panas

Salah satu tujuan utama dari topi adalah untuk melindungimu dari sinar matahari. Sayangnya, topi bisbol tidak terlalu bagus dalam hal ini karena tidak melindungi telinga dan lehermu dari paparan matahari.

Jika kamu hanya suka memakai topi bisbol, lindungi area terbuka di leher dan telingamu dengan tabir surya. Omong-omong, topi jerami, bahkan yang bertepi lebar, juga bukan pilihan yang bagus karena sinar matahari bisa menerobos masuk.

Rok pensil

Wanita yang mengenakan rok pensil memang terlihat sangat elegan, tapi pakaian ini membuatmu sulit untuk bergerak secara alami. Akibatnya, tidak hanya gaya berjalanmu, tapi posturmu juga berubah, dan itu dapat menyebabkan sakit punggung. Juga sulit untuk menekuk lutut dan duduk dalam pakaian ini, akibatnya selama bergerak, otot punggung menjadi lebih tegang.

Atasan atau gaun halter

Pakaian ini biasanya memberi banyak tekanan pada lehermu, terutama jika kamu memiliki dada yang besar. Jika kaus sederhana mendistribusikan beban secara merata di bahu, pakaian bertali ini menahan seluruh beban di lehermu. Alhasil, saat memakainya, kamu harus mempertahankan posisi yang tidak nyaman yang menyebabkan kepala miring ke depan dan bahu membungkuk dan turun.

Pakaian terbuat dari serat bambu

Tekstil bambu alami itu keras dan kasar. Untuk melembutkan seratnya dan memberikan elastisitas kain, tekstil bambu diproses dengan berbagai bahan kimia. Ini termasuk karbon disulfida, natrium hidroksida, dan asam sulfat. Sayangnya semua senyawa ini beracun dan bisa berbahaya bagi lingkungan.

Sebagian jenis pakaian kedap air

Sampai saat ini, bahan kedap air dibuat dengan menggunakan bahan kimia berbahaya. Setelah diketahui dengan jelas kalau bahan ini sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia, produsen pakaian olahraga mulai mencari alternatif lain. Jadi, sekarang kamu dapat memilih merek yang tidak lagi menggunakan bahan kimia berbahaya ini dalam produksi pakaian kedap air.

Stoking nilon tebal

Karena gesekan, stoking tebal dapat mengiritasi kulit, menyebabkan ruam, dan kapalan. Ada juga masalah lainnya; celana ketat dapat mengubah posisi alami jari kaki, dan bisa menimbulkan efek negatif. Oleh karena itu, stoking bisa sama berbahayanya dengan sepatu berujung sempit atau high heel.

Bandana ketat

Ikat kepala sintetis yang elastis terkadang menekan otot frontalis, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan sakit kepala. Sebaiknya gunakan ikat kepala lebih longgar yang terbuat dari bahan alami.

Sandal bertali

Sandal gladiator trendi dengan tali pengikat yang melingkari pergelangan kaki dan betis bukan hanya tidak nyaman, tapi juga dapat membahayakan kaki. Sandal jenis ini mengganggu sirkulasi darah, yang pada akhirnya menyebabkan edema, bahkan varises. Kamu boleh saja memakai sandal ini, asal tidak setiap hari.

Pakaian trendi apa yang tidak akan pernah kamu pakai karena sangat tidak nyaman? Beri tahu di komentar di bawah.

Kredit foto pratinjau Slayer87 / Depositphotos.com
Sisi Terang/Kesehatan/12 Pakaian Trendi yang Bisa Membahayakan Kesehatan
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya