Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

13 Masalah Kesehatan yang Diperingatkan oleh Bulan Sabit di Kukumu

Jika kamu perhatikan kukumu, akan terlihat warna terang di bagian dasarnya. Ini adalah bulan sabit atau lunula kuku. Perubahan warna, bentuk, dan ukuran lanula bukan hanya mengindikasikan adanya suatu penyakit, tetapi juga kecenderungan akan penyakit itu. Diagnosis seperti itu akan membantumu mengetahui masalah tepat pada waktunya dan mengambil tindakan.

Sisi Terang telah mempelajari cara mendiagnosis kesehatanmu dengan bantuan lunula.

Ketika lunula di satu jari berubah

  • Lunula di jari kelingking, seharusnya hampir tidak terlihat atau sama sekali tidak ada. Ini berkaitan dengan kerja ginjal, usus kecil, dan jantung. Lunula yang membesar bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi.

  • Jari manis mengindikasikan kerja sistem reproduksi dan limfatik. Lunula yang hampir tidak tampak menandakan adanya masalah pencernaan.
  • Jari tengah berhubungan dengan kerja otak dan sistem kardiovaskular. Tidak adanya lunula di jari tengah mengindikasikan adanya masalah pembuluh dan tekanan darah.
  • Lunula jari telunjuk bisa menghilang atau menjadi sangat kecil karena buruknya fungsi usus, pankreas, atau penyakit THT kronis.
  • Lunula di ibu jari mencerminkan kerja paru-paru dan limfa. Ini adalah lunula yang paling jelas terlihat dibanding pada semua jari lain dan seharusnya tidak melebihi 25% dari seluruh kuku ibu jari. Lunula ini bisa sangat mengecil pada ibu jari perokok dan membesar saat kamu menderita hipertensi pada pembuluh darah arteri.

Lunula yang terlalu besar

Lunula dianggap besar jika mencapai sepertiga (atau lebih) area kuku. Lunula besar mengindikasikan masalah sistem kardiovaskular, gangguan detak jantung, dan tekanan darah rendah.

Lunula besar sering ditemui pada atlet atau orang yang kerjanya berhubungan dengan aktivitas fisik. Pada seseorang yang tidak aktif berolahraga, lunula yang membesar bisa terjadi karena tingkat stres yang tinggi.

Lunula kecil

Lunula kecil, yang hampir tidak terlihat di balik kutikula, mengindikasikan tekanan darah rendah dan gangguan sirkulasi darah. Ini bisa menandakan sistem imun yang lemah, metabolisme buruk, atau kekurangan zat besi dan vitamin B12.

Jika lunula jelas terpisah dari bagian kuku lainnya dengan garis-garis melintang, ini mengindikasikan adanya masalah dengan kadar gula darah dan kemungkinan mengidap diabetes.

Lunula tidak terlihat sama sekali

Jangan panik jika tidak ditemukan lunula pada kukumu sendiri maupun kuku anak-anakmu. Lunula sering tidak tampak di kuku anak-anak dan akan muncul sejalan dengan waktu. Pada sebagian orang, lunula tidak muncul sama sekali karena sifat fisiologis khusus dari struktur kuku.

Tetapi, hilangnya lunula secara mendadak dianggap oleh dunia medis modern sebagai salah satu gejala gangguan sirkulasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa ketiadaan lunula ada kaitannya dengan gangguan kelenjar tiroid dan kekurangan vitamin B12 serta zat besi.

Perubahan warna lunula

  1. Lunula abu-abu mengindikasikan kelelahan parah, gangguan pencernaan, dan kemungkinan adanya kesulitan dalam penyerapan nutrisi.

  2. Lunula putih itu sehat dan alami. Seharusnya warna bulan sabit lebih muda daripada warna kulit.

  3. Lunula ungu adalah pertanda sirkulasi darah yang buruk dan kurangnya oksigen dalam berbagai organ dan jaringan. Rasa pusing dan sakit kepala mungkin sering muncul.

  4. Lunula merah muda (merah) kemungkinan mengindikasikan kurangnya aktivitas fisik dan masalah paru-paru.

  5. Lunula hitam sangatlah langka dan merupakan pertanda bahaya. Biasanya ini menandakan keracunan logam berat.

Kredit foto pratinjau wikimedia
Bagikan Artikel Ini