Sisi Terang
Sisi Terang

21 Titik di Kaki yang Bisa Kamu Pijat Sendiri untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuhmu

Ada zona refleksi di kakimu yang terhubung dengan banyak organ internal, dan kamu bisa meningkatkan kesehatan hanya dengan memijatnya sendiri.

Sisi Terang akan menunjukkan titik paling penting dan memberi tahu cara memijatnya agar kamu selalu merasa sehat.

  • Direkomendasikan untuk memijat seluruh bagian kaki, bukan hanya titik tertentu. Pertama-tama, lemaskan dan hangatkan kakimu dengan berjalan tanpa alas kaki berkeliling ruangan, berjalan jinjit beberapa kali, dan rendam kaki dengan air hangat.
  • Gosok seluruh kaki dengan gerakan lembut, lalu mulai tekan di setiap titik aktif (selama 3-7 detik), lakukan dari jari ke tumit kaki. Gunakan beberapa teknik, antara lain menarik (saat memijat jari kaki), menepuk (dengan ujung telapak tangan), meremas, dan menggosok.
  • Kamu mungkin menemukan titik yang terpicu saat memijat. Ini berarti organ yang terhubung dengan titik ini tidak sehat. Sebaiknya kamu memijatnya dengan lebih hati-hati.
  • Teknik yang berpengaruh di area yang sakit adalah menekan (dengan ibu jari) yang harus dijeda sesekali. Seluruh prosesnya sebaiknya tidak lebih dari satu menit. Kalau kamu melakukan semuanya dengan benar, rasa sakitnya menghilang.
  • Ada kontraindikasi yang timbul setelah memijat kaki, antara lain demam, gangguan pembekuan darah, memperburuk penyakit kronis, luka dalam, atau trauma di kaki.

Baik kaki kanan dan kiri terbagi menjadi lima zona, terbentuk oleh empat jalur. Masing-masing zona di kaki terhubung dengan area tertentu di tubuh dan organ yang berada di dalamnya.

Lokasi dan arti titik aktif di kedua kaki identik. Refleksi organ yang berpasangan (misalnya, mata) terletak masing-masing di kaki kanan dan kiri.

Arti titik di kaki kanan dan kiri berbeda. Area refleksi jantung di kaki kiri direkomendasikan untuk dipijat saat kamu merasa gembira dan/atau stres yang berlebihan.

Arti titik yang berada di kaki kanan dan kiri berbeda.

Arti dan lokasi titik di area ini sama untuk kaki kanan dan kiri.

Titik dari zona terakhir juga identik baik lokasi maupun arti untuk kaki kanan dan kiri.

Kredit foto pratinjau depositphotos
Sisi Terang/Kesehatan/21 Titik di Kaki yang Bisa Kamu Pijat Sendiri untuk Meningkatkan Kesehatan Tubuhmu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya