Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

3 Manfaat yang Bisa Didapatkan dari Merendam Kaki dengan Listerine

----
681

Listerine awalnya diciptakan untuk antiseptik operasi dan terbukti sebagai “obat berbagai masalah” selama bertahun-tahun. Jika kakimu sedang bermasalah, merendamnya dengan Listerine bisa menjadi pilihan.

Kami di Sisi Terang sangat suka menemukan ide mengejutkan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatanmu, jadi kami ingin berbagi cara mempersiapkan Listerine untuk berendam kaki dan memberi tahu manfaatnya untukmu.

Merendam kaki dengan Listerine memberikan banyak manfaat.

  • Kapalan: Akibat gesekan karena berjalan kaki memakai sepatu, perlahan kaki akan menjadi kapalan. Biasanya kapalan dan masalah kulit lain yang mirip dengannya diobati dengan asam salisilat. Listerine mengandung metil salisilat, bahan kimia yang mirip dan dapat memberikan manfaat yang sama. Kamu juga perlu tahu bahwa karena Listerine dirancang untuk bekerja di area sensitif seperti mulut, seharusnya akan memberikan sensasi menenangkan jika digunakan pada kaki.
  • Mencegah infeksi: Kamu harus ingat bahwa Listerine lebih dirancang untuk mencegah infeksi daripada mengobatinya. Karena hal ini, kandungan minyak esensial dalam Listerine merupakan antijamur alami yang dapat mencegah penyakit jamur kaki dan kutu air yang cukup parah. Satu penelitian menemukan bahwa Listerine efektif mencegah infeksi jamur pada seseorang yang menderita penyakit autoimun, meskipun penelitiannya lebih fokus pada mulut daripada kaki. Kamu juga perlu tahu bahwa Listerine mungkin tidak dapat mengobati orang yang sudah terinfeksi dan mungkin dapat mengiritasi luka yang terbuka.
  • Pereda pegal: Alasan paling jelas untuk merendam kaki adalah untuk membuat rileks. Jadi, sudah pasti itu akan meredakan pegal. Merendam kaki dengan Listerine ampuh berkat kandungan metil salisilat tersebut, yang secara kimiawi juga mirip dengan aspirin. Satu penelitian bahkan menemukan suatu bukti khasiat khusus untuk meredakan nyeri otot.

Berendam kaki dengan Listerine tidak untuk semua orang.

Meskipun berendam kaki dapat membantu membuat kaki kita lembut, bersih, dan sehat, ada beberapa orang yang sebaiknya menghindari berendam kaki dengan Listerine.

  • Periksa komposisi Listerine, yang dapat mengandung eukaliptus, mentol, atau timol, untuk memastikan tidak memicu reaksi alergimu. Orang-orang dengan kulit kaki yang sensitif harus berhati-hati jika ingin berendam kaki dengan ini untuk alasan yang sama.
  • Orang dengan luka di kaki akan berbahaya jika merendam kaki dengan larutan ini.
  • Anak kecil tidak disarankan untuk merendam kaki dengan ini karena berisiko terkena sindrom Reye, yang dapat terjadi saat terpapar salisilat yang biasa ditemukan dalam obat kumur.
  • Selalu konsultasikan dengan dokter untuk mencari tahu apakah berendam kaki merupakan pengobatan yang tepat untukmu.

Bonus: Membuat larutan rendaman kaki Listerine dengan beberapa langkah mudah.

  • Ambil baskom yang pas untuk kakimu. Alat spa kaki baik digunakan, tapi wadah besar apa saja juga bisa.
  • Isi baskom dengan larutan berisi 1/3 Listerine dan 2/3 air hangat. Kamu juga bisa mengganti air biasa dengan cuka.
  • Rendam kakimu di dalam larutan selama sekitar 45 menit sampai 1 jam.
  • Rutinkan berendam kaki setiap hari sampai mendapat hasil yang diinginkan.

Apakah kamu tahu bahwa Listerine bisa digunakan seperti ini? Tahu tips pemakaian Listerine yang lain? Bagikan kepada kami di kolom komentar!

----
681
Bagikan Artikel Ini