Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

4 Gaya Rambut yang Bisa Membuatmu Sakit Kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh berbagai alasan: stres, tekanan darah tinggi, luka, atau bahkan cuaca bisa menjadi pemicunya. Cara menata rambutmu juga bisa menjadi penyebab sakit kepala. Beberapa gaya rambut yang menekan kulit kepala bisa menimbulkan rasa sakit.

Sisi Terang telah melakukan penelitian untuk mencari tahu gaya rambut mana yang bisa menyebabkan sakit kepala. Jangan lupa baca juga tips kami tentang cara mengatasi ini dan gaya rambut mana yang aman di akhir artikel.

1. Ekor kuda

Di bawah folikel rambut dan di kulit kepala, ada saraf sangat peka yang bisa merasakan sakit. Ikat ekor kuda bisa memicu sensasi kencang di banyak saraf sekaligus, sehingga menyebabkan sakit kepala. Kondisi ini cukup umum dan disebut sebagai sindrom sakit kepala ekor kuda.

2. Ikat kepala

Orang yang memakai ikat kepala kencang juga bisa mengalami sakit kepala. Ini termasuk sakit kepala yang disebabkan oleh tekanan dari luar dan bisa terjadi saat benda yang kamu pakai di kepala memberi tekanan terus-menerus pada dahi atau kulit kepalamu. Jenis sakit kepala ini sering digambarkan sebagai tekanan sedang dan terus-menerus, dan terasa paling sakit di area tempat benda itu menekan kepalamu. Jika kamu memakai ikat kepala kencang dalam waktu lama, sakitnya bisa makin parah.

3. Kepang kencang

Kepangan yang terlalu kencang juga bisa menyebabkan sakit kepala tekanan luar. Saat rambutmu dikepang terlalu kencang, itu menambah tekanan pada kulit kepala. Selain merusak rambutmu, itu bisa menyebabkan sakit kepala. Para ahli percaya bahwa beberapa orang lebih sering mengalami sakit kepala karena tekanan luar dikarenakan faktor-faktor lain. Misalnya, sebagian perempuan mungkin memiliki kulit kepala lebih sensitif saat siklus menstruasi mereka.

4. Menyambung rambut

Rambut sambungan yang dikepang kencang bisa memberimu tampilan rambut indah, tapi itu juga bisa menjadi penyebab sakit kepala yang parah. Menambah bobot sebanyak itu pada rambutmu menyebabkan ketegangan pada kepala. Tarikan kencang pada kulit kepala serta folikel rambut bisa menyebabkan saraf di kulit kepala menjadi sensitif. Tak seperti gaya rambut lain, rambut sambungan dipakai terus-menerus sehingga memberi tekanan tanpa henti pada kulit kepala.

Bonus: Cara menghilangkan sakit kepala yang disebabkan tekanan dari luar

  • Pijat kulit kepala perlahan di area yang terasa sakit, lalu tarik napas dalam.
  • Hindari memakai aksesori rambut yang tak perlu.
  • Pertimbangkan gaya rambut yang tak begitu menekan kulit kepala: sanggul longar, ekor kuda rendah, kepang longgar, atau mungkin gaya rambut lebih pendek.
  • Tidur yang cukup.

Apa kamu pernah mengalami sakit kepala yang disebabkan gaya rambut tertentu? Kamu tahu gaya rambut lain yang bisa membuat sakit kepala?

Bagikan Artikel Ini