5 Alasan Minum Kopi di Pagi Hari Lebih Baik daripada Minum Teh

Kopi dan teh merupakan dua minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia. Walaupun demikian, di pagi hari, orang biasanya memilih minum kopi dibanding minum teh. Meskipun ini bisa saja hanya karena preferensi seseorang, tapi alasan minum kopi untuk mengawali hari tidak sesederhana yang kamu kira.

Itulah sebabnya kami di Sisi Terang ingin membagikan alasan kenapa kopi bisa jadi alternatif yang lebih baik di pagi hari, lengkap dengan manfaatnya.

1. Kopi akan membantumu berolahraga lebih baik.

Kalau kamu suka berjalan kaki dan berolahraga setiap pagi untuk mendapatkan dorongan energi sebelum memulai harimu, kopi bisa jadi pilihan yang tepat. Mengingat bahwa kopi punya kandungan kafein yang lebih besar dibandingkan teh, kopi bisa meningkatkan performa fisik dan mengurangi rasa lelah karena berolahraga.

2. Kopi akan membantumu berkonsentrasi.

Apa kamu perlu berkonsentrasi saat belajar sebelum ujian, atau melakukan aktivitas yang memerlukan fokus berlebih? Dalam hal ini, kopi bisa jadi pilihanmu! Karena punya kadar kafein yang lebih besar, minuman ini akan membantumu menjadi awas, seperti membuatmu tetap fokus melakukan aktivitas di malam hari. Kopi juga akan membantumu tetap berkonsentrasi pada tugasmu dan membuatmu terjaga.

3. Kopi akan memberimu dorongan energi seketika.

Teh merupakan minuman yang mengandung kafein dan L-teanin. Teanin akan membantu tubuhmu merasa relaks, sedangkan kafein berinteraksi dengan reseptor adenosin di otak kita dan mengurangi rasa lelah.

Karena efek tingginya konsentrasi kafein dalam darah muncul hanya 15 menit setelah diminum, ini jelas menjadi alasan kenapa kopi menjadi salah satu minuman yang memberi energi instan.

4. Kopi bisa membantumu menurunkan berat badan.

Ada studi yang menyatakan bahwa konsumsi kopi berhubungan dengan rendahnya kadar lemak dalam tubuh, khususnya pada pria. Penelitian yang dilakukan terhadap hewan juga menunjukkan hasil yang sama. Studi menarik lainnya mengindikasikan kalau asam klorogenat dalam kopi merupakan zat yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Ini bisa menjadikan kopi sebagai pilihan menarik bagi kita yang ingin melangsingkan tubuh.

5. Kopi bisa menurunkan potensi mengidap diabetes.

Sebuah studi mengindikasikan bahwa kafein bisa menurunkan potensi mengidap diabetes. Menariknya, hanya dengan meminum tiga cangkir kopi sehari dipercaya bisa menurunkan risiko diabetes sebanyak 42%. Dalam studi lainnya, dikatakan bahwa mengonsumsi kopi yang mengandung kafein berdampak pada berkurangnya potensi berkembangnya diabetes tipe II.

Merasa bingung?

Kalau kamu pencinta teh, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk menambah sedikit kopi ke menu harianmu. Tapi kalau kamu tidak mau, tidak ada masalah sama sekali, karena teh juga punya banyak manfaat!

Meski begitu, ada baiknya untuk meminta nasihat dari ahlinya saat mempertimbangkan mana yang terbaik untuk tubuhmu. Dalam hal ini, ahli nutrisi atau dokter bisa memberimu nasihat berguna mengenai kebiasaan minum kopi atau teh.

Minuman apa yang biasanya kamu nikmati di pagi hari: kopi atau teh? Kamu suka jenis kopi apa? Apa manfaat dari kopi yang paling kamu suka?

Bagikan Artikel Ini