Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

5 Alat Kebugaran Rumahan yang Manfaatnya Tak Sebanding Efek Sampingnya

1---
101

Alat olahraga di rumah bukan cuma berbahaya bagi mereka yang menggunakannya, tapi juga bagi anak-anak muda yang memperlakukan mereka sebagai mainan raksasa. Untuk orang dewasa, penyebab paling umum mereka mengalami kecelakaan di rumah adalah karena mereka tidak memeriksa peralatan yang dipakai terlebih dahulu. Mereka hanya berasumsi semuanya dalam kondisi sangat baik dan siap digunakan kapan saja. Tapi kamu harus ingat, kamu tidak berada di pusat kebugaran yang memiliki para pekerja profesional untuk memeriksa semuanya sebelum kamu tiba.

Sisi Terang ingin berbagi 5 alat olahraga yang bisa membuatmu terluka sekaligus memberikan alternatif apa saja yang bisa kamu gunakan.

1. Rol busa dapat memperburuk varises.

Menggunakan rol busa di kaki dapat memperlancar aliran darah, meningkatkan fleksibilitas, dan membantu ototmu sembuh lebih cepat. Akan tetapi, jika kamu punya varises, peningkatan aliran darah belum tentu membawa manfaat. Tekanan yang diberikan ke varises dapat menimbulkan rasa sakit dan rasa tak nyaman menjadi lebih buruk, sehingga pembuluh darahmu menjadi lebih bengkak. Dengan begitu, masalah yang kamu hadapi takkan terselesaikan, melainkan malah memperburuknya.

Alih-alih rol busa, kamu bisa menggunakan sepeda sesering mungkin sehingga aliran darahmu makin lancar dengan cara yang jauh lebih sehat. Mirip dengan berjalan, bersepeda juga melancarkan sirkulasi darah sekaligus melindungi sendimu dari cedera. Otot-otot betismu juga akan makin kuat, sehingga kesehatan kakimu juga meningkat secara menyeluruh. Kamu bebas menggunakan sepeda jenis apa, asalkan kamu yang mengayuhnya sendiri.

2. Sobekan di karet fitnes atau exercise band dapat menyebabkan tulang rusuk patah.

Ada satu contoh yang sangat menyedihkan, saat seseorang sedang melakukan latihan menggunakan karet fitnes yang diikat ke pintu; tiba-tiba, alat ini putus. Pria itu jatuh ke belakang dengan posisi badan menyamping dan beberapa tulang rusuk serta tulang di sekitar mata kanannya patah. Meski dia sudah menjalani 2 operasi sejak kecelakaan itu, dokter belum bisa memastikan apakah penglihatannya akan sembuh total atau tidak. Ini cuma salah satu dari sekian banyak contoh tentang bagaimana karet fitnes dapat melukaimu jika kamu tidak memeriksa kondisinya terlebih dulu dan mengikatnya dengan cara yg aman.

Sebaliknya, kamu bisa membeli slider atau glider yang berfungsi memaksa otot-otot di seluruh tubuhmu untuk bergerak. Alat seperti ini menawarkan tingkat ketidakstabilan yang cukup tinggi, sehingga semua ototmu harus ambil bagian dalam latihan. Alat seperti ini juga dapat membuat latihanmu lebih intens, dan kamu tidak perlu khawatir alat ini rusak atau jatuh. Alat ini juga ideal untuk kamu yang suka angkat beban karena alat ini melatih otot-ototmu tanpa kamu perlu mengangkat beban.

3. Papan keseimbangan dapat menyebabkan cedera pergelangan kaki.

Alat sederhana ini digunakan untuk meningkatkan keseimbangan dan biasanya untuk rehabilitasi dan pencegahan cedera. Meski begitu, tergantung tingkat kekuatan pergelangan kakimu, alat ini juga dapat menyebabkan cedera. Sebagai contoh, kalau pergelangan kakimu pernah cedera, peluangmu untuk jatuh dari papan cukup tinggi. Jadi, kamu sebaiknya meminta bantuan pelatih profesional atau terapis fisik sebelum melompat ke papan ini.

Ada alat yang sangat mirip dan jauh lebih aman yang juga bisa meningkatkan keseimbangan, yaitu bola kebugaran. Gerakan olahraga “bird dog” berfungsi menyasar pinggul, kaki, punggung bawah, dan pinggang dengan cara yang sama seperti papan keseimbangan. Yang perlu kamu lakukan hanyalah berbaring dengan perut di atas bola dan pertahankan otot intimu tetap lurus. Lalu kamu bisa mengangkat kaki dan lengan dengan posisi berlawanan (kaki kanan dan tangan kiri terlebih dulu, diikuti kaki kiri dan tangan kanan), dan mempertahankan posisinya sekian detik.

4. Bar pull-up bisa membuatmu jatuh dengan posisi yang salah.

Banyak rumah, entah karena sudah tua atau tidak dibangun cukup kuat, kurang bisa menahan bar pull-up. Bar pull-up sering kali terjatuh, menyebabkan cedera kecil sampai yang sangat serius. Seorang wanita bahkan berakhir lumpuh setelah melakukan latihan rumit dan bar yang dia pasang terjatuh. Dalam kasus lain, karena sekrup bar yang dia pakai bengkok, seorang pria yang sedang berolahraga terjatuh wajah lebih dulu sampai cedera.

Ada latihan yang lebih aman, tapi sama baiknya, kamu bisa mengambil handuk dan mengikatnya di gagang pintu. Pertama-tama, kamu harus menaruh matras olahraga di bawah pintu agar tidak licin dan kamu bisa mempertahankan posisi, lalu pastikan engsel pintumu cukup kuat. Kemudian, kamu bisa mulai melakukan pull-in sambil berjongkok dalam posisi setengah duduk sambil meregangkan lenganmu. Kemudian, tarik tubuhmu ke arah bingkai pintu dan ulangi seluruh latihan dari awal sebanyak yang kamu mau.

5. Angkat beban mendayung sambil membungkuk dapat membuat sarafmu terjepit.

Gerakan mendayung adalah jenis latihan yang populer, tapi ketika dilakukan di bangku atau permukaan sejenisnya, cedera parah mungkin terjadi. Lebih spesifik lagi, cakram tulang belakangmu mungkin bergeser sehingga, saat latihan, sarafmu terjepit. Kekurangan lain gerakan ini adalah postur tubuhmu bisa memburuk karena bahumu diputar ke depan saat melakukan gerakan mendayung.

Jadi, alih-alih berlutut di bangku, kamu bisa tetap berdiri sambil membungkuk ke depan sambil menahan salah satu tanganmu di bangku. Dengan tangan satunya, kamu bisa menahan alat angkat beban yang kamu mau dan mulai menariknya dengan sikumu, sampai punggung. Perlahan-lahan, biarkan lenganmu kembali ke bawah sehingga kamu tak terluka akibat tekanan.

Apa kamu pernah terluka atau cedera saat menggunakan peralatan olahraga rumahan? Jika pernah, apa penyebabnya?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, Shutterstock.com
1---
101
Bagikan Artikel Ini