Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

5 Perawatan Rutin untuk Kulit Tangan yang Kering

Kulit tangan kita berhadapan dengan banyak hal setiap hari. Rasa gatal, kering, dan iritasi kulit adalah gejala umum bagi banyak orang yang bisa menjadi lebih parah saat mereka memakai hand sanitizer berlebihan atau terlalu sering mencuci tangan. Tapi berkat rutinitas sederhana yang bisa dilakukan di rumah dan bisa dipadukan dengan rutinitas kecantikanmu, tanganmu bisa diselamatkan tanpa usaha berlebihan.

Kami di Sisi Terang telah menghimpun sejumlah tips dan daftar bahan-bahan alami yang dapat membantu menjaga kelembutan dan kecantikan tanganmu, tak peduli apa pun yang dialami kedua tanganmu sepanjang hari.

Oleskan pelembap setiap kali kamu mencuci tangan.

Kulitmu kehilangan kelembapan dalam 60 detik setelah mencuci tangan, jadi, penting untuk langsung melembapkannya setelah cuci tangan. Kulit yang agak basah cocok sekali untuk mengikat kelembapan. Maka, pilihlah krim tangan sebagai pelumas dengan komposisi yang tepat. Petrolatum, dimethicone, dan berbagai jenis pelembab akan membentuk pelindung pada kulitmu yang akan menjaga keberadaan air, sedangkan asam hialuronat dan gliserin akan menambah sedikit kelembapan.

Yang harus dilakukan: Setelah kamu mencuci tangan, oleskan lotion atau krim tangan pada tangan yang agak basah. Cobalah untuk tidak menyentuh apa pun sampai kedua tanganmu benar-benar kering agar krim tetap berada di tanganmu dan diserap kulit. Ingat, tangan yang basah lebih mudah memindahkan kuman, jadi lebih baik tidak tergesa-gesa.

Gunakan perawatan intensif yang didiamkan semalaman.

Malam hari adalah kesempatan yang tepat untuk melembapkan tanganmu yang kering dengan membiarkan produk-produk perawatan menempel lebih lama pada kulit. Dengan begini, produk tersebut bisa diserap oleh tanganmu semalaman penuh sehingga bisa memberikan efek penyembuhan yang lebih tahan lama.

Yang harus dilakukan: Pilih krim atau lotion tangan yang kaya nutrisi atau bersifat melembapkan dan oleskan dengan rata pada kulit tanganmu. Kamu bisa mengganti krim tangan dengan pelembap alami seperti minyak kelapa, minyak jojoba, atau gel lidah buaya. Lalu kenakan sarung tangan katun sebelum pergi tidur.

Jangan lupakan proses eksfoliasi kulit.

Eksfoliasi membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati, memaksimalkan proses pembaruan kulit, dan membuat krim terserap lebih baik sehingga akan meningkatkan efeknya pada kulit. Bagi kebanyakan orang, eksfoliasi cukup dilakukan 1-2 kali seminggu. Jika kulit terlihat kemerahan, gatal, atau iritasi setelahnya, atau malah sudah terlalu meradang, jangan terlalu dipaksakan dan biarkan kulitmu pulih dulu sebelum memasukkan prosedur ini ke dalam rutinitasmu.

Yang harus dilakukan: kamu bisa membuat scrub di rumah. Ambil 2 sendok teh minyak kelapa dan campur dengan 2 sendok makan gula. Oleskan campuran ini pada kulitmu, pijit-pijit selama semenit dan bilas dengan air. Kamu juga dapat mencampur gula dengan minyak pelembap pilihanmu seperti minyak jojoba atau minyak biji anggur, dan tambahkan minyak esensial atau sedikit vitamin E.

Cobalah melembapkan tangan dengan merendamnya.

Merendam tangan adalah perawatan intensif lainnya yang dapat membantu mengatasi kulit kering dan membuat kulitmu lebih terhidrasi. Pilihlah pelembap alami, tepuk-tepukkan tangan sampai agak kering setelah mandi, dan oleskan pelembap tersebut pada kulitmu.

Yang harus dilakukan: Ambil secangkir tepung oat dan 3 sendok makan minyak zaitun. Masukkan semua bahan ke dalam baskom berisi air hangat dan aduk. Rendam tanganmu dalam campuran ini selama 10 menit. Minyak zaitun memiliki efek melembapkan berkat kandungan vitamin E-nya, dan juga melindungi kulitmu dari infeksi. Oat melembutkan kulitmu dan membantunya tetap terhidrasi.

Perhatikan caramu mencuci tangan.

Mencuci tangan terlalu sering bisa merusak pelindung alami kulitmu, sehingga menyebabkan kekeringan dan iritasi. Ditambah lagi, produk-produk dengan kadar pH yang salah serta teknik mencuci yang tidak benar hanya akan menyebabkan kerusakan kulit, seperti mengakibatkan kulit bersisik.

Yang harus dilakukan: Hindari mencuci tangan dengan air panas, karena ini hanya membuat kulitmu kering dan tidak lebih efektif melawan mikroba dibanding air dengan suhu suam-suam kuku atau dingin. Lebih baik memilih sabun cair yang melembapkan dan hindari sabun batangan karena kadar pH-nya yang tinggi bisa menyebabkan iritasi kulit. Selain itu, jangan tekan terlalu kuat saat mengeringkan tangan: cukup tepuk-tepuk sampai kering.

Trik apa saja yang kamu gunakan agar tanganmu tetap terhidrasi?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com, shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini