Sisi Terang
Sisi Terang

5 Posisi Tidur Ini Bisa Meredakan Sakit Punggung

Tidak ada yang lebih buruk dari bangun tidur dengan nyeri punggung bawah yang terus menghantui kita sepanjang hari. Meskipun menurut penelitian, 84% orang dewasa akan mengalami nyeri ini, solusinya ternyata lebih mudah dari yang kamu kira. Karena manusia menghabiskan hampir sepertiga hidupnya untuk tidur, sains membuktikan bahwa posisi tidur yang kamu pilih bisa berdampak besar terhadap kesehatan tulang belakang. Posisi tidur juga bisa menimbulkan ketidaknyamanan atau rasa sakit yang selama ini kamu takuti atau sudah kamu derita.

Sisi Terang ingin membagikan lima posisi tidur terbaik yang dianjurkan para ilmuwan untuk dipakai jika kamu ingin mengurangi risiko nyeri punggung bawah. Simak sampai akhir untuk mencari tahu hal apa yang juga berperan penting dalam mengurangi nyeri punggungmu.

1. Posisi janin

Tidur dengan posisi miring dengan kedua lutut ditekuk ke arah dada diketahui sebagai posisi tidur paling populer. Meringkuk ke dalam, seperti bayi dalam kandungan, memungkinkan persendian beristirahat. Posisi ini juga membentuk banyak ruang sehingga melegakan piringan sendi yang merupakan bantalan kenyal di sela-sela tulang belakang. Karena itulah, posisi ini efisien terutama bagi orang yang menderita Hernia nukleus pulposus (HNP) atau saraf terjepit.

2. Tengkurap dengan bantal

Posisi ini mungkin mengejutkan, mengingat kita sering diberi tahu bahwa tidur tengkurap tidak ideal karena bisa menyebabkan nyeri leher. Namun, sebetulnya mereka yang suka tidur tengkurap bisa mengambil manfaat dalam kaitannya dengan nyeri punggung. Kenyataannya, posisi ini membantu meredakan tekanan antar-cakram. Tapi untuk melakukannya dengan benar, kamu harus meletakkan bantal di bawah perut bagian bawah dan area panggul untuk mengurangi ketegangan punggung.

3. Telentang dengan bantal

Posisi ini adalah cara ideal untuk mengurangi ketegangan pada titik-titik tekanan karena memungkinkan kamu untuk mendistribusikan berat badan ke seluruh tubuh. Posisi ini juga memperbaiki keselarasan tulang belakang dengan organ-organ dalam. Hanya saja, kamu perlu menaruh bantal di bawah lutut ketika tidur telentang. Kalau kamu butuh lebih banyak penyangga, gulung handuk kecil di bawah punggungmu.

4. Miring dengan bantal

Jika suka tidur miring, pastikan posisimu bergantian antara miring kiri dengan kanan agar tidak terlalu banyak tekanan pada satu sisi yang akhirnya bisa menyebabkan ketidakseimbangan otot. Jika kamu memilih posisi ini, menaruh bantal di antara kedua kakimu adalah hal penting untuk menjaga keselarasan tulang belakang, pinggul, dan panggul.

5. Telentang dalam posisi bersandar

Jika tidur di kursi recliner adalah kesukaanmu, membeli tempat tidur yang bisa disetel akan cocok. Kamu juga bisa menambahkan bantal di belakang punggung bawah sebagai penyangga. Posisi ini memungkinkan batang tubuhmu tetap tegak dan saluran pernapasan terbuka. Lebih dari itu, bersandar akan membentuk sudut antara paha dengan batang tubuh yang dapat mengurangi tekanan pada tulang belakangmu.

Bonus: Pilih kasurmu dengan tepat.

Bukan cuma bagaimana cara tidurmu, tapi alas tidur juga memainkan peran penting dalam membantumu mengambil manfaat terbesar dari tidur. Menurut penelitian, kasur yang bagus bagi kesehatan tulang belakang bukan yang sangat keras atau sangat lembut. Kamu sebaiknya memilih kasur keras atau keras sedang yang berkualitas. Kamu juga bisa melakukan tes apa kamu akan merasa lebih nyaman dengan kasur yang lebih keras dibanding yang kamu miliki dengan menambahkan sebuah papan kayu lapis di bawah kasurmu atau meletakkan kasur di atas lantai.

Apa secara alami kamu sudah tidur dengan salah satu posisi tersebut? Apa menurutmu akan sangat sulit untuk mengubah kebiasaan tidur dan posisi berbaringmu yang biasa?

Harap diingat: Artikel ini diupdate pada Desember 2021 untuk memperbaiki materi sumber dan ketidakakuratan faktual.
Sisi Terang/Kesehatan/5 Posisi Tidur Ini Bisa Meredakan Sakit Punggung
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya