Sisi Terang
Sisi Terang

6 Ciri Ini Hanya Dapat Diwarisi dari Ayahmu

Di kelas biologi, kita belajar bahwa 50% dari DNA kita merupakan warisan dari ibu kita dan 50% lagi dari pihak ayah. Namun, fakta biologis ini bukan berarti bahwa setiap orang tua mewariskan karakteristik fisik dan genetik dalam jumlah yang sama kepada anak mereka. Nyatanya, anak-anak 60% lebih mungkin mewarisi sifat/ciri ayah mereka hanya karena gen tersebut lebih menonjol.

Sisi Terang telah mencari tahu fenomena biologis ini secara menyeluruh dan mengumpulkan informasi mengenai 6 gen yang kemungkinan besar berasal dari ayah kita.

1. Tinggi

Apakah kamu sering mendengar ungkapan, “Dia tinggi seperti ayahnya”? Rupanya, pernyataan ini didukung oleh fakta sains. Tinggi badan seseorang ditentukan oleh setidaknya 700 variasi genetik yang diwarisi dari kedua orang tua. Namun, gen tinggi badan setiap orang tua tampaknya bekerja dengan cara yang sedikit berbeda. Misalnya, gen ayah berperan penting dalam merangsang pertumbuhan, dan itu artinya termasuk tinggi badan.

2. Gigi gingsul

Jika kesehatan gigi sang ayah buruk, kemungkinan besar si anak akan lebih sering mengunjungi dokter gigi daripada teman-temannya, meskipun ibunya memiliki susunan gigi yang bagus. Gigi berlubang, kerusakan gigi, dan semua masalah gigi lainnya, kemungkinan diturunkan langsung dari pihak ayah.

3. Gender

Ayah 100% bertanggung jawab atas jenis kelamin bayi mereka yang baru lahir. Kromosom X dan Y, yang umumnya dikenal sebagai kromosom seks, menentukan jenis kelamin anak. Anak perempuan mewarisi kromosom X dari ayah mereka, yang menghasilkan genotipe XX, dan anak laki-laki mewarisi kromosom Y dari ayah mereka, yang menghasilkan genotipe XY. Karena ibu hanya mewariskan kromosom X, ayah memegang kendali penuh dalam hal jenis kelamin.

4. Lesung pipi

Dalam banyak budaya, lesung pipi dipandang sebagai simbol kecantikan dan daya tarik. Namun, ilmuwan menggambarkan lesung pipi sebagai cacat fisik yang disebabkan oleh otot wajah yang memendek. Lesung pipi dianggap sebagai ciri fisik yang diturunkan karena lesung pipi merupakan ciri fisik yang dominan dan biasanya diwarisi dari sisi para ayah.

5. Sidik jari

Tidak ada 2 sidik jari yang persis sama karena sidik jari merupakan sebuah pola yang unik. Namun, sidik jari bayi kemungkinan mirip dengan sidik jari ayahnya! Pola sidik jari adalah ciri genetik yang diwarisi dari para ayah.

6. Bersin

Banyak dari kita mengenal setidaknya satu orang yang terus bersin-bersin saat menatap matahari atau cahaya terang lainnya. Nah, ini adalah turunan genetik lain yang menjadi tanggung jawab para ayah. Kondisi ini dikenal sebagai sindrom Achoo dan lebih mungkin diturunkan dari pihak ayah.

Kamu (atau anakmu) lebih mirip dengan siapa, ayah atau ibu? Yang lebih penting lagi, apakah menurutmu dalam hal ini cara kerja gen cukup adil?

Sisi Terang/Kesehatan/6 Ciri Ini Hanya Dapat Diwarisi dari Ayahmu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya