Sisi Terang
Sisi Terang

6 Hal yang Bisa Memengaruhi Rambut Selama Musim Dingin dan Cara Mengatasinya

Selama bulan-bulan musim dingin di negara-negara empat musim, kombinasi udara kering di dalam ruangan dan angin dingin di luar bisa sangat buruk, khususnya bagi rambut. Rambut mungkin terlihat kurang sempurna sepanjang musim dingin dan tips-tips yang kami kumpulkan dalam artikel ini pasti membantu. Tidak ada salahnya mencari tahu cara agar rambut tidak rusak akibat cuaca seperti ini.

Kami di Sisi Terang juga menyadari kalau rambut bisa terlihat berantakan saat musim dingin, dan kami sudah melihat-lihat halaman-halaman di internet tentang kiat untuk menjaga rambut tetap bersinar dan sehat.

1. Rambut bisa kering.

Seiring semakin dinginnya cuaca, udara semakin kering karena kelembapannya lebih sedikit dibanding udara hangat. Untuk mencegah udara dingin membuat rambut kering, jangan mencuci rambut setiap hari karena minyak alami menciptakan lapisan pelindung antara kulit kepala dan rambut. Sampo kering (dry shampoo) juga bisa menjadi pilihan. Sampo ini akan membantu rambut tetap segar di antara jadwal cuci rambut.

2. Bisa membuat rambut kusam.

Udara dingin dan kering bisa sangat buruk terhadap rambut dan mungkin membuatnya terlihat kurang cerah dan kusam. Hindari terlalu sering menggunakan alat pemanas dan pengering rambut. Meskipun bisa membantu rambut mengembang menawan, alat ini bisa merusak dan membuat rambut lemah. Alih-alih menggunakan pengering rambut, biarkan rambut mengering secara alami atau belilah alat penataan rambut yang menggunakan teknologi inframerah agar rambut tetap lembap.

3. Ujung rambut bisa pecah-pecah.

Udara kering bisa menyebabkan rambut rapuh dan cenderung mudah patah, juga sering timbul ujung bercabang. Untuk membantu rambut tampil sehat di cuaca dingin, kunjungi penata rambut setiap 6 minggu untuk memotong ujung rambut secara teratur. Gunakan sisir bergigi jarang dan sampo lembut tanpa bahan-bahan yang keras yang juga bisa membantu rambut tampak sehat dan mencegahnya tampak dan terasa kasar.

4. Rambut bisa menimbulkan listrik statis.

Di musim dingin, rambut bisa terangkat saat melepas topi. Hal ini terjadi karena, seperti tubuh yang lain, rambut mengumpulkan listrik statis yang juga menempel di topi. Meskipun tidak ada yang bisa menghentikan alam melakukan keajaibannya, ada beberapa tips yang bisa membantu rambut bebas statis. Ambil sedikit air atau pelembap wajah di ujung jari lalu oleskan ke helai rambut yang mengandung listrik statis atau gunakan kondisioner tanpa bilas untuk mengurangi rambut yang berdiri.

5. Rambut rontok musiman

Wajar jika rambut rontok sepanjang tahun, tapi rambut bisa rontok lebih banyak saat musim dingin daripada musim lainnya. Hal ini terjadi karena kurangnya kelembapan saat cuaca dingin yang menyebabkan rambut rontok. Sebenarnya tidak perlu khawatir, kita bisa menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat agar rontoknya berkurang. Cobalah untuk mencampur bubuk cengkih dengan kayu manis, bubuk cabai merah, dan minyak kelapa VCO, lalu oleskan ke rambut dan biarkan semalaman.

6. Rambut mungkin lebih berketombe.

Rambut secara alami lebih kering saat musim dingin, yang menyebabkan rasa kasar dan timbulnya kerak di kulit kepala. Untuk mengurangi ketombe, pilihlah sampo khusus ketombe atau cobalah cara alami untuk menyingkirkannya, seperti minyak tea tree. Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak tea tree dapat mengurangi gejala ketombe sampai 41% dan mengurangi minyak juga gatal di kulit kepala.

Apa kamu sadar rambutmu bisa berubah sesuai musim? Kamu punya kiat untuk menjaga rambut tetap bersinar dan sehat? Bagikan dengan kami!

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Sisi Terang/Kesehatan/6 Hal yang Bisa Memengaruhi Rambut Selama Musim Dingin dan Cara Mengatasinya
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya