Sisi Terang
Sisi Terang

6 Penyebab Bulu di Wajah Tumbuh Lebih Cepat

Sebagian besar dari kita memiliki bulu halus dan tipis di wajah, tapi sebagian wanita lain mungkin memiliki bulu yang lebih tebal dan lebih kasar. Kondisi ini disebut hirsutisme, dan wanita yang mengalami ini memiliki bulu berlebih yang jelas terlihat di wajah dan badan. Meskipun ada banyak cara untuk menghilangkan bulu menyebalkan di wajah, menjadi lebih aktif dan menghindari faktor-faktor yang mungkin menjadi penyebab bulu-bulu ini tumbuh bisa membuatmu tidak perlu lagi sering-sering ke salon kecantikan.

Kami di Sisi Terang tahu bahwa memiliki bulu yang tak diinginkan di wajah bisa memengaruhi penampilan dan suasana hatimu. Kami menjelajahi internet untuk mencari tahu lebih banyak tentang penyebab pertumbuhan bulu di wajah ini.

1. Kamu tidak berhati-hati dengan paparan BPA-mu.

Saat berbelanja, kamu mungkin mengambil setruk belanjaan tanpa begitu memikirkannya, tapi ini bisa membuatmu terpapar bisephenol A atau BPA, penyebab gangguan endokrin kuat yang bisa mengganggu hormonmu. Setruk belanjaan yang biasa kita dapatkan di supermarket mengandung BPA 250 sampai 1.000 kali lebih tinggi daripada jumlah yang terkandung dalam makanan kaleng.

Tubuh bisa menyerap zat kimia berbahaya ini melalui kulit, dan begitu masuk ke tubuh, ini bisa memengaruhi kesehatan reproduksi dan sistem endokrin yang nantinya menimbulkan bulu yang tidak diinginkan. BPA dapat ditemukan dalam berbagai produk, termasuk botol air, serbet, dan tisu toilet, tapi banyak produsen memastikan untuk menghilangkannya dari produk mereka dan menandainya dengan “bebas BPA”.

2. Kamu tidak punya waktu untuk berolahraga.

Meskipun kamu sangat sibuk, meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga bisa membantumu mengurangi pertumbuhan bulu di wajah. Kelebihan berat badan membuatmu lebih mungkin mengalami pertumbuhan bulu yang tidak diinginkan di dagu atau atas bibir. Memulai perlahan dengan olahraga yang berdampak sedang atau rendah, seperti berenang atau berjalan, bisa membantumu terhindar dari pertumbuhan bulu yang tidak diinginkan.

3. Kamu sering makan ikan.

Menambahkan salmon ke menu makanmu adalah cara bagus untuk mendapat lebih banyak protein, tapi sering memakannya bisa memicu pertumbuhan bulu di wajah. Ikan berminyak, seperti salmon dan makerel, telah terbukti meningkatkan testosteron pada wanita, dan memiliki kadar hormon testosteron yang lebih tinggi dari biasanya bisa memicu tumbuhnya bulu berlebih di wajah.

4. Kamu tidak bisa memulai hari tanpa kopi.

Jika kamu tidak bisa membayangkan menghadapi hari tanpa secangkir kopi panas, kami bisa mengerti, tapi terlalu sering minum kopi bisa meningkatkan produksi testosteronmu. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara rutin hanya selama 4 minggu bisa meningkatkan kadar testosteron total dalam tubuh. Jika kamu tidak siap melepas kopi harianmu, pilih kopi decaf atau instan yang mengandung lebih sedikit kafeina.

5. Kamu mengalami stres.

Kita hidup di dunia yang cepat berubah, dan menghindari stres adalah hal yang hampir mustahil. Mengalami sedikit stres sesekali adalah hal wajar, tapi mengalami stres terus-menerus bisa mengganggu keseimbangan hormon alami tubuhmu. Saat hormon tidak bekerja dengan baik, ini memengaruhi kesehatanmu secara keseluruhan dan bisa menyebabkan bulu yang tidak diinginkan tumbuh lebih cepat.

6. Kamu kurang tidur.

Entah untuk menonton maraton acara favoritmu atau hanya menikmati waktu sunyi pada malam hari saat anak-anak akhirnya tidur, kurang tidur bisa memengaruhi kesehatanmu dan mengganggu hormonmu. Untuk menghindari pertumbuhan bulu berlebih di wajah, pastikan untuk tidur malam setidaknya tujuh jam.

Apa penyebab yang paling membuatmu terkejut? Apa kamu tahu kiat untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com, Shutterstock.com
Sisi Terang/Kesehatan/6 Penyebab Bulu di Wajah Tumbuh Lebih Cepat
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya