Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

6 Posisi Tidur yang Sangat Bermanfaat Tetapi Tidak Diketahui Banyak Orang

----
646

Untuk bisa beristirahat setelah beraktivitas seharian, kita sering kali meringkuk di balik selimut, mencari posisi nyaman, lalu tertidur, lupa akan dunia dan seisinya. Namun, agar bisa memulihkan energi dan kecantikan kita tetap terjaga secara maksimal, sebenarnya penting juga untuk memperhatikan posisi tubuh selagi tidur.

Kami di Sisi Terang yakin kalau tidur itu seharusnya menyehatkan karena ini akan memengaruhi suasana hati kita keesokan harinya. Itulah sebabnya, agar bisa memulai hari dengan senyuman saat becermin di pagi hari, kamu perlu mengingat beberapa tips sederhana agar bisa tidur nyenyak.

Posisi untuk wajah segar bebas kerutan

Banyak dari kita harus memaksakan diri agar terbiasa tidur telentang. Sisi positifnya, posisi ini punya banyak manfaat: tulang belakangmu lurus saat tubuhmu relaks tanpa adanya tekanan atau tarikan. Diketahui bahwa tekanan berlebih di area leher bisa menyebabkan sakit kepala.

Selain itu, tidur telentang bisa bantu menjaga bukan saja kesehatanmu tetapi juga kecantikanmu. Penelitian telah membuktikan bahwa tidur dengan menaruh wajah di bantal berkontribusi pada timbulnya keriput akibat gravitasi. Keriput ini tidak akan muncul jika kamu tidur telentang. Agar tidur dalam posisi ini lebih nyaman, pastikan kamu memakai bantal ortopedik.

Bantal tambahan untuk membuat tulang belakang relaks

Tidur telantang bagus dan menyehatkan, tapi untuk menjaga posisi yang benar, kamu akan memerlukan permukaan yang lumayan keras. Untuk lebih mengurangi tekananannya, tempatkan bantal kecil di bawah lututmu. Ini akan menjaga lengkungan alami di area leher dan punggung.

Tidur tanpa bantal

Bantal diciptakan untuk menopang tubuh saat tidur. Tapi orang yang suka tidur tengkurap mungkin sebaiknya tidak pakai bantal. Para ilmuwan berkesimpulan bahwa tidur tengkurap membuat tulang belakang membentuk posisi tidak alami, dan dalam hal ini, bantal semakin memperburuk posisinya. Untuk meminimalkan tekanan saat tidur dalam posisi ini, lebih baik tidur pada permukaan yang rata. Jika kamu sulit membiasakan diri tidur dalam posisi ini, letakkan bantal sofa kecil di bawah dahimu—ini akan membuatmu lebih mudah bernapas.

Biasanya, tidur tengkurap dianggap sebagai posisi paling kurang menyehatkan bagi tubuh. Mereka yang sulit tidur dalam posisi lainnya bisa menggunakan bantal tipis yang diletakkan di bawah perut dan pinggul, yang akan membantu menjaga posisi alami tulang belakang. Selain itu, cobalah gunakan bantal rata untuk kepalamu dan pertimbangkan untuk tidur tanpa bantal sama sekali.

Bantal untuk dipeluk

Akan lebih mudah untuk tidur menyamping jika kamu memakai bantal tambahan atau guling. Kamu mungkin juga pernah melihat bantal khusus untuk wanita hamil. Bantal ini memberi topangan tambahan bagi tubuh, sehingga mengurangi tekanan pada pinggul dan pinggang. Efek ini bisa diterapkan oleh siapa pun. Bantal atau guling yang mengisi area antara tubuh dan matras mengembalikan posisi alami tulang belakang.

Pose embrio

Posisi ini tampaknya yang paling nyaman. Setiap kali membayangkan tempat tidur yang hangat, kita langsung ingin meringkuk. Posisi ini punya banyak manfaat: jika posisi meringkuknya tepat, persendian pun membuka. Posisi embrio sangat baik bagi orang-orang yang menderita herniated intervertebral discs atau hernia nukleus pulposus. Akan tetapi, lebih baik kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Tidur bersama suami atau istrimu

Tertidur bersama orang yang kamu sayangi memang terasa menyenangkan. Malah sudah dibuktikan bahwa hal ini juga bagus untuk kesehatanmu. Menurut penelitian, orang-orang yang sudah menikah tidur lebih lelap dan nyenyak. Pelukan mendorong produksi oksitosin yang menurunkan tekanan pada arteri. Ini berarti risiko munculnya penyakit kardiovaskular lebih kecil. Dan tentu saja, tidur bersama pasangan memberi perasaan intim dan meningkatkan tingkat kepercayaan di antara keduanya. Kamu hanya perlu berbagi selimut dan menikmati tidurmu!

Apakah tidurmu nyenyak, sehingga bisa bangun dalam kondisi cukup istirahat dan terlihat segar setiap pagi?

----
646
Bagikan Artikel Ini