7 Alasan Kamu Harus Mulai Mengonsumsi Kaldu Tulang

Kaldu tulang mungkin bukan yang pertama terpikirkan dalam hal makanan sehat. Namun, kaldu jenis ini memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti efek anti-penuaan. Bahkan, si cantik Salma Hayek sangat menyukainya dan mengaku bahwa kaldu tulang membantunya tetap awet muda!

Kami di Sisi Terang sedang agak sibuk membuat kaldu tulang di dapur, tapi kami akan meluangkan waktu untuk membagikan efek positif kaldu tulang yang kami ketahui.

1. Dapat meringankan nyeri sendi.

Kaldu tulang mengandung kolagen, yaitu protein yang sangat penting bagi tubuh. Kolagen melindungi sendi dan tendon, serta mengikat tulang dan otot. Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa kolagen yang dikonsumsi dengan makanan yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk dan rasberi, dapat meningkatkan sintetis kolagen dan membantu pemulihan atlet. Ada pula zat lain dalam kaldu tulang yang telah terbukti membuat sendi lebih sehat dan mengurangi gejala osteoartritis.

2. Memiliki efek anti-penuaan.

Kolagen juga penting bagi kulitmu. Namun, setelah usia 20, tubuh kita mengurangi produksi kolagen sebanyak 1% dalam kulit kita tiap tahunnya. Oleh sebab itu, meminum kaldu tulang bisa meningkatkan elastisitas kulit, mencegah kerutan, dan menambah tingkat hidrasi.

3. Dapat membuat perutmu lebih sehat.

Meminum kaldu tulang dapat membantu memastikan bahwa sistem pencernaan bekerja dengan baik. Menjaga fungsi dinding usus merupakan hal yang penting. Sebaliknya, jika dindingnya dapat ditembus, hal ini bisa memicu masalah kesehatan tertentu. Kaldu tulang memiliki glutamina yang bisa membantu mencegah hal ini dan menjaga dinding usus agar tetap kuat. Kaldu ini juga mengandung asam amino yang bisa membantu mencegah beberapa penyakit peradangan, seperti diabetes, obesitas, dan kanker.

4. Dapat membantu tidur lebih lelap.

Kaldu tulang mengandung glisina. Telah dibuktikan bahwa kaldu ini dapat meningkatkan kualitas tidur, termasuk mencegah terbangun di malam hari, dan membuat kamu lebih segar di siang hari. Kaldu tulang juga bisa membantumu tidur lebih cepat.

5. Dapat meningkatkan kemampuan mengingat.

Manfaat lain dari glisina adalah dapat meningkatkan fungsi kognitif. Misalnya, satu studi menyimpulkan bahwa mengonsumsi glisina dapat meningkatkan performa kegiatan yang membutuhkan ingatan.

6. Dapat membantu menurunkan berat badan.

Beberapa studi menyatakan bahwa memakan sup secara rutin berkaitan dengan risiko obesitas yang lebih rendah. Hal ini bisa membantu kamu merasa lebih kenyang dibandingkan setelah kamu makan makanan padat. Kaldu tulang juga mengandung protein, yang dapat membantu kamu mengendalikan nafsu makan dan mengurangi rasa mengidam makanan.

7. Dapat memberikan banyak nutrisi bagi tubuh.

Jika kamu memasak kaldu tulang lebih lama dari biasanya, cara ini membantu mengekstrak lebih banyak nutrisi dari tulang tersebut. Misalnya, dengan cara itu, kamu bisa mendapatkan lebih banyak kalsium dan magnesium. Sumsum tulang adalah sumber vitamin A yang bagus, yang penting untuk kesehatan mata dan dapat meningkatkan sistem imun tubuhmu. Juga sumber vitamin B2 dan vitamin B12, yang penting untuk fungsi saraf.

Pernah memasak kaldu tulang? Apa kamu mengetahui manfaat kesehatan di atas? Apakah sup merupakan bagian dari dietmu?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini