Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

7 Alasan Kenapa Kamu Selalu Merasa Lelah (dan Cara Mengatasinya)

----
848

Ada banyak alasan kenapa kamu merasa lesu sepanjang hari meskipun jam tidurmu sudah cukup. Mungkin saja ini merupakan kondisi yang disebut sindrom kelelahan kronis. Tapi itu mungkin juga sesuatu yang lebih ringan, yang mudah dicegah dengan menerapkan kebiasaan yang lebih sehat. Misalnya dengan mengubah menu diet atau meminum lebih banyak air putih.

Kami di Sisi Terang tidak mau tampak seperti zombi, jadi kami bersyukur karena ada solusi mudah untuk mencegahnya!

1. Asupan makananmu tidak cukup.

Karbohidrat olahan dapat menjadi sumber energi yang cepat. Ketika kamu memakan sereal sarapan, biskuit, pasta, atau piza, misalnya, kandungan karbohidrat olahannya mengakibatkan kadar gula darahmu melonjak, dan kamu merasa lebih berenergi. Namun, saat kadar gula darahmu turun, kamu akan mulai merasa letih lagi. Jika terus mencamil makanan yang mengandung karbohidrat olahan, kamu akan terus merasa lelah sepanjang hari.

Cobalah untuk mengurangi konsumsi karbohidrat olahan dan gula, dan ganti dengan makanan yang kaya akan serat seperti oat, kacang-kacangan, dan sayuran.

2. Kamu kurang bergerak.

Mungkin kamu mengira bahwa saat pulang dalam keadaan lelah, berbaring di sofa dapat membantumu menghemat energi dan membuatmu merasa sedikit lebih bertenaga. Penting untuk berolahraga setidaknya beberapa kali seminggu untuk bantu mengurangi rasa lelah sepanjang waktu. Sebuah studi pada tahun 2008 menunjukkan bahwa orang-orang berusia sekitar 17-25 tahun yang berolahraga dengan intensitas rendah selama 20 menit sebanyak 3 kali seminggu memiliki tingkat energi lebih tinggi dan tingkat kelelahan yang lebih ringan.

3. Tidur berkualitasmu kurang.

Mungkin kamu merasa lelah meski sudah tidur 7-9 jam setiap malam sesuai anjuran. Ini karena kualitas tidur juga sama pentingnya dengan durasinya. Cobalah untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari.

Selain itu, jangan minum kopi saat sore hari dan jangan menghabiskan waktu menjelang tidur dengan bermain ponsel atau menonton TV. Ini akan meningkatkan kualitas tidurmu dan kamu tidak akan merasa lelah pada siang hari.

4. Kamu sensitif terhadap makanan tertentu.

Jika kamu merasa lelah tanpa alasan di siang hari, mungkin itu pertanda bahwa kamu mengalami intoleransi makanan. Beberapa makanan yang paling umum adalah gluten, produk susu, dan telur.

5. Kurang minum air putih.

Jika tidak mengganti kadar air yang berkurang dalam tubuhmu karena reaksi biokimianya, kamu akan mengalami dehidrasi. Ini akan menyebabkan energimu menurun dan sulit berkonsentrasi. Sebuah studi menunjukkan bahwa pria yang meminum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat berolahraga menggunakan treadmill rasa lelahnya lebih berkurang dibandingkan yang tidak.

6. Kamu sedang stres.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan kelelahan. Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa stres yang tidak diatasi akan menyebabkan tingkat kelelahan yang lebih tinggi. Yoga dan meditasi dapat membantumu meredakan stres.

7. Kamu mungkin perlu lebih banyak vitamin.

Kemungkinan lain adalah kurangnya zat besi, vitamin D, atau vitamin B12 di menu dietmu. Beberapa makanan yang tinggi zat besi adalah bayam, brokoli, daging merah, dan daging kalkun. Vitamin B12 bisa didapatkan dalam susu, telur, salmon, dan daging sapi, atau dengan meminum suplemen. Untuk mendapatkan lebih banyak vitamin D, makan lebih banyak jamur, ikan yang mengandung minyak, dan makanan laut. Kamu juga bisa mendapatkannya dengan berjemur.

Pernahkah kamu merasa lelah meski sudah cukup tidur? Menurutmu kenapa hal itu bisa terjadi?

----
848
Bagikan Artikel Ini