Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

7 Alasan Kita Harus Sering Mengonsumsi Bawang Bombai

----
131

Bawang bombai yang lebih sering dianggap sebagai bahan dasar di dapur kita, mengandung banyak vitamin dan punya banyak manfaat kesehatan. Sebenarnya, manfaatnya lebih efektif jika kamu memakannya mentah, tapi kalaupun dimasak, bawang bombai tetap saja memiliki manfaat yang besar bagi tubuh kita.

Kami di Sisi Terang senang mengembangkan pengetahuan kuliner dan kesehatan, jadi kami menyelidiki manfaat bawang bombai dan siap membagikan hasilnya denganmu.

1. Bawang bombai membantu melawan penyakit pernapasan.

Berkat kandungan flavonoid-nya, memakan bawang bombai memiliki efek melegakan pada otot saluran pernapasan. Ini bisa membantu penderita asma bernapas dengan mudah. Bawang bombai juga merupakan antialergen, dan pada banyak kasus, alergi merupakan penyebab utama timbulnya masalah pernapasan.

2. Bawang bombai bisa mengurangi risiko kanker.

Orang-orang yang menyantap sayuran allium (bawang-bawangan), seperti bawang bombai, memiliki risiko kanker usus besar 79% lebih rendah. Jenis sayuran ini kaya akan antioksidan, yang membantu mencegah pembentukan kanker. Berdasarkan analisis dari beberapa studi, orang-orang yang mengonsumsi makanan tinggi allium berisiko lebih kecil mengalami kanker perut dan usus besar. Bawang bombai juga mengandung senyawa bernama organosulfur, yang melawan pertumbuhan tumor.

3. Bawang bombai meningkatkan level testosteron.

Para peneliti menemukan bahwa bawang bombai dan jus bawang bombai bisa meningkatkan produksi testosteron pada pria. Testosteron merupakan hormon penting bagi pria karena hormon ini bertanggung jawab untuk massa tulang dan otot, kekuatan, lemak, distribusi, dan pembentukan sel darah merah.

4. Bawang bombai meringankan gejala menopause.

Bawang bombai bisa membuat hal yang ditakuti kaum wanita, “menopause”, menjadi kurang menakutkan dalam beberapa hal. Satu studi menunjukkan, mengonsumsi bawang bombai bisa berdampak positif terhadap kepadatan tulang saat usia kita mencapai angka lima puluhan. Karena bawang bombai merupakan sumber kalsium yang baik, sayuran ini mengurangi risiko tulang yang retak lebih dari 20%!

5. Bawang bombai menyehatkan rambut dan kulitmu.

Bawang bombai ibarat ladang emas jika membicarakan efek kulit yang mulus. Vitamin C diperlukan untuk menyingkirkan pigmentasi dan melindungimu dari sinar UV. Belum lagi, jenis bawang besar ini turut berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut kita. Dan berkat kandungan antibakterinya, bawang bombai bisa membantu mengusir ketombe dan kutu dari rambutmu.

  • Bawang bombai juga membantu mencegah penuaan kulit karena asam folat yang terkandung di dalamnya membantu mencegah timbulnya kerutan dan garis-garis halus.

6. Bawang bombai membantu mengatur gula darah.

Mengonsumsi bawang bombai, bagi penderita diabetes jenis tertentu, menghasilkan kinerja hati yang lebih baik. Kandungan quercetin dan kromium yang ada dalam bawang bombai memiliki efek antidiabetik. Ketika quercetin berinteraksi dengan sel, otot, dan jaringan lemak hati, zat ini bisa meregulasi tingkat gula di seluruh tubuh. Kromium juga membantu dengan memicu produksi insulin yang tinggi.

7. Bawang bombai menjaga matamu tetap tajam.

Bawang bombai diperkaya dengan vitamin A dan C—sangat bagus menjaga ketajaman matamu. Vitamin C memperkecil risiko berkembangnya masalah pada mata, misalnya degenerasi makula terkait usia. Bawang bombai juga telah terbukti mencegah timbulnya mata berkabut dan berpotensi sebagai obat untuk infeksi mata, seperti blefaritis dan konjungtivitis.

Adakah makanan favorit kamu yang menggunakan bawang bombai?

----
131
Bagikan Artikel Ini