Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

7 Alasan untuk Berhenti Tidur dengan Rambut Basah

Kebiasaan tidur dengan rambut yang masih basah memiliki sejumlah efek samping. Jika kamu sering mandi di malam hari, beberapa efek samping ini mungkin membuatmu berpikir untuk mengubah rutinitas perawatan rambut dan meluangkan waktu untuk mengeringkan rambut sebelum tidur.

Kami di Sisi Terang menemukan sejumlah alasan yang membuktikan tidur dengan rambut basah dapat memengaruhi kesehatan dan penampilanmu.

1. Dapat menyebabkan iritasi kulit kepala.

Apa kulit kepalamu terasa gatal atau iritasi? Biasanya, kita menganggap penyebabnya adalah sampo yang tidak cocok. Padahal, mungkin saja itu karena kamu terbiasa tidur dengan rambut basah. Penyakit kulit kepala, seperti ketombe, dapat muncul ketika kamu tidur di atas bantal yang basah. Ketika tidur dengan rambut yang basah, kondisi yang lembap dan hangat dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri.

2. Rambut menjadi kusut.

Rambut basah itu rapuh. Jika tidur sebelum mengeringkannya, rambut akan menjadi kusut saat kamu tidur. Pada pagi harinya, rambut akan berantakan serta sulit disisir, dan bisa menambah stres pada rutinitas pagimu.

3. Bisa berakibat sakit kepala.

Jika tidur dengan kepala yang basah, kamu mungkin akan sakit kepala ketika bangun pagi. Beberapa penata rambut ahli mengungkapkan bahwa tidur dengan rambut basah menurunkan suhu tubuh dan menimbulkan sakit kepala karena tubuh berusaha menghangatkan diri. Spesialis lain yakin bahwa tidur dengan kepala yang dibalut handuk menyebabkan rasa sakit dan bahkan mengganggu tidurmu.

4. Rambutmu menjadi sulit diatur.

Tidur dengan rambut basah tidak akan menyebabkan masalah kesehatan serius, tapi akan memengaruhi tampilan rambutmu. Rambut yang basah menciptakan gesekan yang lebih kuat dengan sarung bantal, membuat rambutmu berantakan. Meluangkan waktu demi mengeringkan rambut sebelum tidur bisa menghemat uang untuk membeli produk anti-frizz.

5. Rambut tipis menjadi lepek.

Rambut tipis itu rapuh dan tidak bervolume. Tidur dengan rambut basah sangat merusak tipe rambut ini. Rambut ini juga sulit bertambah volumenya. Karena itu, jika kamu biasanya tidur dengan rambut dalam keadaan basah, rambut akan tampak jauh lebih lepek.

6. Merupakan salah satu penyebab rambut bercabang.

Seberapa sering penata rambut menyarankan kamu untuk memotong rambut bercabangmu? Kebiasaan tidur dengan rambut basah adalah salah satu alasan kamu harus sering memotong rambut. Karena rambut basah rentan rusak, bergerak saat tidur dapat menyebabkan rambut bercabang.

7. Menyebabkan iritasi kulit.

Tidur dengan rambut basah tidak hanya memengaruhi kulit kepala, tapi juga bagian kulit yang lain. Ketika kamu bergerak-gerak saat tidur, rambut bisa menempel ke wajah. Kombinasi rambut basah dan suhu kamar tidurmu bisa menciptakan kondisi sempurna untuk pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan iritasi kulit.

Apa kamu biasa mencuci rambut saat mandi pagi atau sebelum tidur malam? Kamu tahu apa lagi efek samping tidur dengan rambut basah?

Bagikan Artikel Ini