Sisi Terang
Sisi Terang

7 Bagian Tubuh yang Bisa Membocorkan Usiamu

Tanda-tanda pertama penuaan muncul pada usia 20-an saat kerutan mulai terlihat di sekitar mata. Kebanyakan dari kita biasanya fokus merawat wajah saat mencoba terlihat awet muda. Tapi ada bagian tubuh lain, selain wajah, yang bisa mengungkap usia kita sebenarnya.

Kami di Sisi Terang mendapati bahwa ada tanda-tanda di seluruh tubuh yang bisa mengungkap usia kita. Berikut beberapa di antaranya untuk kamu pertimbangkan.

1. Siku

Saat kamu menua, kulit di sekitar siku menjadi berkerut dan kendur. Ada beberapa alasan kenapa kulit sikumu yang lembut bisa menjadi kering dan terkelupas. Sebagai contoh, gesekan terus-menerus dengan pakaian dan meja membuat kulit kering dan seiring waktu menyebabkannya kendur. Penurunan berat badan drastis bisa juga membuat kulit siku menjadi kendur.

2. Tangan

Tangan biasanya salah satu bagian tubuh pertama yang menunjukkan tanda-tanda penuaan. Saat menua, kulit kehilangan kolagen dan semakin sulit menjaga kelembapannya. Ini bisa membuat kulit tangan kering dan gatal. Urat-urat juga menjadi lebih terlihat saat kita menua karena tangan kehilangan jaringan lunak.

3. Kuku

Kuku adalah tolok ukur kesehatanmu secara keseluruhan dan menunjukkan perubahan yang terjadi di dalam tubuh seiring waktu. Saat kamu menua, kuku tumbuh lebih lambat dan mungkin juga menjadi lebih rapuh dan rentan patah.

4. Leher

Salah satu tanda penuaan di leher yang paling umum adalah munculnya garis otot vertikal. Tanda lain penuaan kulit leher adalah bintik-bintik cokelat yang bisa muncul akibat paparan sinar matahari, faktor genetik, atau masalah kesehatan lain seperti obesitas.

5. Dada

Baju dengan garis leher yang rendah membuat kulit dada terpapar dan lebih rentan terbakar matahari. Kamu mungkin memiliki bintik-bintik di area dada saat muda, tapi nantinya akan menjadi lebih besar dan lebih gelap saat kamu menua, sehingga menyebabkan bintik-bintik noda cokelat. Tanda lain kulit dada yang menua adalah berwarna kemerahan dan pembuluh darah yang melebar. Keduanya sering kali disebabkan oleh kerusakan akibat sinar UV.

6. Bibir

Sama seperti kulit di sekitar mata, bibir jauh lebih lembut dibanding bagian tubuh lain. Bibir bisa juga keriput. Beberapa kebiasaan, seperti merokok atau mengerucutkan bibir, bisa menimbulkan garis halus penuaan dini di sekitar bibir. Bibir yang dehidrasi juga lebih rentan mengalami pecah-pecah dan terkadang bisa kehilangan warna alaminya.

7. Rambut

Saat kita menua, rambut tak hanya kehilangan warna, tapi juga volumenya. Seiring bertambahnya usia, aliran darah di kulit kepala dan sekitar folikel rambut berkurang. Rambut mendapat lebih sedikit oksigen dan vitamin yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Hasilnya, rambut mulai kehilangan ketebalan.

Apa lagi yang bisa kamu tambahkan ke daftar ini? Kamu punya tips tentang cara membuat tubuh awet muda?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Sisi Terang/Kesehatan/7 Bagian Tubuh yang Bisa Membocorkan Usiamu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya