7 Bahan Makanan yang Bisa Mengurangi Bekas Jerawat

Jerawat merusak kulit dan jaringan di bawahnya. Tubuh berusaha untuk memperbaiki kerusakan ini dan memproduksi kolagen. Jika tubuh memproduksi terlalu sedikit atau terlalu banyak kolagen, muncullah bekas luka. Industri kosmetik telah menemukan banyak cara untuk mengatasi bekas jerawat, tapi yang paling mudah dan alami adalah memanjakan diri dengan makanan lezat dan sehat.

Kami di Sisi Terang percaya bahwa diet bernutrisi dan seimbang adalah salah satu kunci kulit bercahaya. Kami sudah memilih beberapa makanan lezat untuk dimasukkan ke daftar belanjamu yang akan mengurangi bekas jerawat dan bermanfaat bagi kesehatan.

1. Labu

Alasan: Labu adalah sumber niasin, folat, vitamin A dan B, serta zink yang bagus.

Fungsi: Niasin dan folat memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan regenerasi sel, dan bermanfaat bagi penyembuhan jerawat. Biji labu mengandung zink, yang mengendalikan level hormon dan produksi minyak serta membantu memulihkan kulit. Vitamin A meminimalkan bekas jerawat.

2. Kale

Alasan: Kale kaya akan vitamin C dan K, dan merupakan sumber mineral tembaga serta zat besi yang bagus.

Fungsi: Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam kale mengurangi hiperpigmentasi dan bantu meratakan warna kulitmu. Vitamin K bekerja untuk mengurangi bintik-bintik hitam di kulit. Zat besi mempercepat pemulihan luka atau bekas luka, termasuk bekas jerawat dan noda hitam.

3. Lemon

Alasan: Perasan lemon adalah astringent alami. Air lemon mengencangkan kulit yang kendur dan mengatasi noda hitam.

Fungsi: Kulit lemon mengandung flavonoid yang mempunyai efek melindungi dan antikarsinogen bagi kulit. Memulai harimu dengan meminum segelas air hangat dengan perasan lemon atau memakainya sebagai saus dalam salad bisa bantu memperoleh kulit sehat dan bercahaya.

4. Ubi jalar

Alasan: Ubi jalar mengandung retinol dan beta karoten

Fungsi: Tubuhmu mengubah beta-karoten menjadi vitamin A. Vitamin ini berfungsi sebagai pelindung kulit dari perubahan warna, radang, dan pori-pori tersumbat yang sering disebabkan oleh radikal bebas. Retinol adalah bahan kunci dalam banyak produk kecantikan karena bisa melawan hiperpigmentasi, jerawat, garis-garis halus, dan bekas luka. Alih-alih membeli krim mahal, kamu bisa menikmati bentuk asli retinol dengan menambahkan ubi jalar ke dalam hidanganmu.

5. Pepaya

Alasan: Pepaya kaya akan enzim pencernaan yang disebut papain.

Fungsi: Papain bantu mengeksfoliasi sel-sel kulit mati, mengatasi pori-pori tersumbat, dan memudarkan bekas jerawat. Pepaya juga membuat kulitmu tetap terhidrasi dan mencegah jerawat tumbuh lagi.

6. Kembang kol

Alasan: Kembang kol adalah sumber vitamin C dan asam amino kuat yang disebut histidina.

Fungsi: Histidina melindungi kulitmu dari sinar ultraviolet yang bisa memperparah bintik-bintik gelap yang sudah ada. Vitamin C-nya melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, membantu tubuh menyerap zat besi, dan menyembuhkan luka serta bekas luka.

7. Kinoa

Alasan: Kinoa mengandung vitamin B3.

Fungsi: Vitamin B3, yang juga dikenal sebagai niasinamida, bantu menenangkan kulit yang mengalami iritasi dan radang karena jerawat, rosasea, dan bahkan eksem. Ecdysteroid, unsur renik yang ditemukan dalam kinoa, bantu menghilangkan bekas luka yang muncul akibat jerawat. Kandungan ini memperbaiki kulit dan meminimalkan iritasi.

Bahan makanan mana dari daftar ini yang paling kamu sukai? Apa kamu tahu cara lain untuk menghilangkan bekas jerawat?

Bagikan Artikel Ini