Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

7 Cara Merawat Kakimu Setelah Seharian Beraktivitas

Ada sekitar 29 otot di kaki manusia. Setelah seharian bekerja keras atau berdiri dalam waktu yang lama, sepertinya semua otot di kaki kita menjerit kelelahan.

Kami di Sisi Terang sangat memahami perasaan ini dan bisa membantumu untuk menghadapinya. Dengan kiat berikut, kamu seharusnya bisa merawat dirimu dan bersantai—pasti kakimu akan berterima kasih kepadamu nanti.

1. Cobalah berjalan di jalur refleksi.

Jalur refleksi menyediakan aktivitas yang mengharuskanmu berjalan tanpa mengenakan alas kaki di atas beragam tekstur. Ada taman refleksi yang menyediakan jalur dengan batu-batu bulat, kulit pohon, dedaunan, dan rumput yang dipadukan jadi satu, hingga memberi Anda sensasi menenangkan sambil menapaki berbagai material berbeda.

Kamu juga bisa coba melakukan ini dengan mata tertutup sambil berjalan di atas rumput atau karpet halus agar tubuh dan kakimu merasa santai dan nyaman.

2. Eksfoliasi kakimu.

Agar kaki halus dan menghilangkan lelah, cobalah memadukan pijatan kaki yang nyaman dengan sedikit eksfoliasi. Saat mandi, gunakan eksfolian seperti scrub atau batu apung untuk memijat lembut kakimu. Langkah ini bagus buat kamu yang berusaha mencegah tumit kapalan dan pecah-pecah.

Setelahnya, bilas dengan air hangat dan oleskan pelembap pada kaki.

3. Pijat dengan bola tenis.

Kalau kamu memerlukan pijatan yang menenangkan tapi ingin segera merasa ringan setelah bekerja seharian, inilah solusi untukmu. Yang kamu perlukan hanya roller atau bola tenis. Gerakkan bola maju dan mundur dengan telapak kakimu untuk pijatan nikmat yang bisa melemaskan otot paha belakang.

Gerakan ini akan membantumu mencegah kram, meredakan ketegangan, dan memberimu relaksasi maksimal!

4. Melatih kakimu.

Untuk memperkuat kakimu, cobalah meregangkan dan melatihnya. Ada latihan sederhana yang bisa kamu coba.

  1. Letakkan handuk kecil di atas lantai—lebih baik di atas permukaan yang rata.
  2. Letakkan kakimu di ujung handuk hingga telapak kakimu menyentuh handuk.
  3. Tekan tumit ke atas handuk dan lekukkan jari-jari kaki ke dalam dengan menjepit handuknya

5. Tempelkan es.

Jika tumitmu sakit atau terlihat bengkak, kemungkinan kamu mengalami semacam inflamasi. Kalau ini terjadi, cobalah membungkus es atau sekantong sayuran beku di dalam handuk dan tempelkan ke kakimu selama 15 menit. Jika sakitnya berlanjut, berkonsultasilah dengan dokter untuk mencoba mencari cara lain guna merawat kaki dan kesehatanmu.

6. Cobalah pisang tumbuk.

Kalau kamu merasa kakimu lelah dan memerlukan pedikur, obatnya bisa jadi ada di dapurmu. Untuk membuat pisang tumbuk, resepnya sangat mudah, kok.

  1. Tekan-tekan pisang di dalam mangkuk atau piring sampai hancur.
  2. Rendam kakimu di dalam air hangat.
  3. Angkat satu kaki dari air dan pijat menggunakan pisang tumbuk, hingga kaki seluruhnya tertutupi sampai ke betis. Lakukan pijatan memutar selama 4 menit.
  4. Bilas dan ulangi hal serupa pada kaki satunya.

7. Potong kukumu.

Apa kamu pernah merasa jari kakimu sakit setelah seharian memakai sepatu? Kemungkinannya, kuku jarimu terlalu panjang. Kalau kuku-kuku terus menekan alas kakimu, bisa-bisa kamu malah mengalami trauma, kuku yang menebal, kapalan, dan bahkan nyeri.

Jangan khawatir, solusinya mudah, kok. Potong kukumu, tapi jangan terlalu pendek. Bersihkan dan haluskan ujung-ujungnya yang tajam untuk membantu menjaga kuku, dan kakimu pun akan tetap sehat serta bebas rasa sakit.

Mana dari semua kiat ini yang paling kamu suka? Apa yang menjadi rutinitas perawatan kakimu?

Bagikan Artikel Ini