Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

7 Hal yang Dapat Menimbulkan Flek Hitam

Jika menyangkut kulit, salah satu masalah paling umum adalah flek hitam. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab masalah ini, mulai dari paparan sinar matahari hingga faktor genetik. Karena gen tidak dapat diubah, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk melakukan perawatan diri dengan baik.

Terkadang kita fokus mengobati flek hitam, tapi lupa memperhatikan penyebabnya. Di Sisi Terang, kami ingin menginformasikan penyebab munculnya flek hitam dan cara menghindarinya.

1. Cahaya di dalam ruangan

Hanya sedikit orang yang tahu bahwa paparan cahaya lampu di dalam rumah bisa menyebabkan flek hitam. Itu karena cahaya kasatmata atau lampu pendar dapat memengaruhi hiperpigmentasi kulit. Cahaya seperti ini dipancarkan oleh komputer, TV, dan bahkan ponsel pintar.

Untuk mencegahnya, gunakan tabir surya setiap hari saat memulai rutinitas perawatan kulit.

2. Memencet jerawat

Melihat jerawat menyebalkan di kulit menimbulkan dorongan yang hampir tak tertahankan untuk memencetnya. Hasrat untuk memencetnya memang tak tertahankan, tapi jangan sampai kamu melakukannya. Alasannya adalah ini dapat menyebabkan inflamasi dan memicu kulit memproduksi melanin, sehingga muncul flek hitam serta bahkan bekas luka.

Untuk mencegahnya, konsultasikan kepada dokter kulit guna memahami penyebab jerawatmu dan cara terbaik untuk mengobatinya.

3. Tidak memakai tabir surya

Sudah menjadi pandangan umum bahwa kita harus memakai tabir surya saat pergi ke pantai. Beberapa orang tahu bahwa tabir surya sebaiknya digunakan setiap hari (bahkan di dalam ruangan). Tapi masalahnya, sedikit orang yang tahu bahwa tabir surya harus diaplikasikan lagi setiap dua jam.

Mengingat bahwa sebagian besar flek hitam disebabkan oleh paparan sinar matahari, pakailah selalu tabir surya, mulai pada pagi hari.

4. Tidak membersihkan produk perawatan kulit malam

Jika kamu pergi ke dokter kulit dan mengeluhkan flek hitam, kemungkinan mereka akan menyarankan agar menggunakan produk perawatan untuk pemakaian malam hari. Beberapa produk, terutama yang mengandung asam, memiliki kemampuan membersihkan noda bekas jerawat, tapi juga membuat kulit iritasi, sehingga dapat menimbulkan flek hitam.

Jika kandungan asam dalam produk perawatan malam memiliki potensi membuat kulit iritasi, jangan lupa bersihkan dengan mencuci wajahmu pada pagi hari, lalu gunakan tabir surya.

5. Kombinasi lemon dan matahari

Ada banyak bahan perawatan rumahan alami yang menyertakan lemon dalam campurannya untuk menghilangkan flek hitam pada kulit. Tapi orang-orang lupa bahwa air lemon, saat terkena paparan radiasi matahari, bisa menimbulkan flek hitam atau memperparahnya. Kondisi ini disebut fitofotodermatitis dan disebabkan oleh zat seperti furanokumarin dan psoralen saat terpapar sinar matahari.

Untuk menghindari hal ini, bilas air lemon hingga bersih dari kulitmu.

6. Menggunakan terlalu banyak hydroquinone atau asam retinoat

Ada beberapa produk kecantikan yang mengandung hydroquinone dan asam retinoat yang dimaksudkan untuk mengobati flek hitam. Yang menjadi masalah, menggunakannya terlalu lama dan dalam konsentrasi tinggi justru bisa memperparah kondisi kulit, bukan membersihkannya.

Oleh karena itu, selalu konsultasikan dengan dokter kulit untuk bisa memahami cara menggunakan produk-produk ini dengan baik.

7. Kehamilan

Lonjakan hormon biasa terjadi pada masa kehamilan dan itu merupakan hal yang bersifat alami. Perubahan hormon ini bisa menyebabkan sesuatu yang disebut “kloasma” atau “topeng kehamilan”. Untungnya, flek hitam ini cenderung memudar begitu masa kehamilan berakhir.

Untuk mencegah ini semakin parah, pakailah selalu tabir surya.

Apakah terdapat flek hitam di kulitmu? Bagaimana caramu mengobatinya? Apakah menurutmu flek hitam itu disebabkan oleh salah satu dari yang disebutkan di atas?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini