Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

7 Kebiasaan Sehari-hari yang Membuat Gigimu Kusam

Senyummu bisa membuatmu terlihat makin cantik atau malah sebaliknya. Kenyataannya, 94% orang bilang senyum adalah hal pertama yang mereka sadari saat bertemu dengan orang lain. Meskipun sebagian besar dari kita bermimpi punya senyum cemerlang seperti para bintang Hollywood, banyak dari kita tidak melakukan apa pun yang wajib dilakukan agar punya senyuman indah menawan. Ternyata selain minum kopi dan jus, ada banyak hal yang mungkin bisa membuat gigimu kusam tanpa kamu sadari.

Kami di Sisi Terang memutuskan untuk mengulik alasan gigimu tidak terlihat seindah yang kamu inginkan.

1. Kamu menambahkan buah beri saat membuat kue.

Meskipun beri segar bisa memberi segudang manfaat bagi kesehatan, buah ini juga dikenal membuat gigimu kusam. Banyak orang tahu kalau makan beri berwarna gelap bisa memengaruhi putihnya gigimu, dan makan jenis buah ini dalam keik, selai, dan jeli juga bisa membuat gigimu terlihat kotor. Namun berbeda dengan stroberi, buah ini memiliki efek memutihkan gigi yang sangat mengagumkan: beri lezat ini bisa membuat gigimu lebih cerah tanpa merusak enamelnya.

2. Kamu tidak minum es teh.

Soda dan minuman ringan yang mengandung gula bisa merusak lapisan enamel di gigimu, tapi es teh sebenarnya bisa benar-benar membantu menjaga gigimu tetap seputih mutiara. Sebagian besar es teh mengandung asam malat, senyawa organik yang juga berfungsi sebagai pemutih kuat yang juga ditemukan dalam stroberi. Selain itu, zat ini juga meningkatkan produksi air liur, yang turut membantu melawan pembusukan gigi dan mencegah perubahan warna gigi.

3. Kamu sering berenang.

Kalau kamu sangat suka berenang dan menghabiskan lebih dari 6 jam seminggu di kolam renang, kemungkinan kamu akan melihat warna gigimu menjadi kecokelatan. Saat kamu berenang, mungkin air kolam renangnya tidak sengaja masuk ke dalam mulutmu, dan semua bahan kimia yang ada di dalam kolam renang meninggalkan noda di mulutmu. Klorin memang membantu menghilangkan bakteri di dalam air, tapi bisa mengubah gigimu jadi kuning atau cokelat dan membuat enamel jadi lemah, serta membuat gigimu sangat sensitif.

4. Kamu memakai obat kumur.

Obat kumur seharusnya memberimu napas segar, tapi lebih baik periksa label produknya sebelum kamu membeli obat kumurmu. Beberapa bahan di dalamnya bisa bereaksi dengan senyawa dalam makanan yang bisa meninggalkan noda pada gigi. Alih-alih mencerahkan, bisa-bisa gigi putihmu yang secemerlang mutiara jadi kusam. Kalau kamu tidak bisa berpisah dari obat kumur, pilih saja yang tidak mengandung bahan klorheksidin atau eucalyptol, dan berkumurlah hanya sebelum tidur.

5. Kamu memakai sikat gigi yang keras.

Memakai sikat gigi keras tidak akan membuat gigimu ekstra putih. Kenyataannya, menggosok terlalu agresif bisa membuat enamel gigimu menipis. Alhasil, gigimu bisa rentan rusak dan mudah ternoda. Dokter gigi menyarankan menggunakan sikat gigi yang lembut atau ekstra lembut dan segera menggantinya begitu bulu sikatnya mulai menyebar.

6. Kamu memasak menggunakan rempah tertentu.

Membumbui masakan akan menambahkan rasa dan berbagai aroma ke makananmu, tapi kamu mungkin harus membatasi bumbu tertentu kalau kamu ingin menjaga putihnya gigimu. Beberapa rempah berpigmen pekat, seperti kari, bisa meninggalkan noda pada gigi dan mengubahnya jadi kekuningan. Kalau kamu tidak suka rasa masakan yang hambar, bumbui makananmu dengan herba yang bisa memberi manfaat bagi kesehatan gigimu, seperti timi, kunyit, atau kayu manis.

7. Kamu stres berat.

Saat berada di bawah tekanan, tanpa disadari mungkin kita menggertakkan gigi untuk melepas stres. Kalau kita melakukannya setiap hari, bisa saja hal ini malah membuat gigi rusak tanpa kita sadari. Selain membuat sakit kepala dan rahang, menggertakkan gigi bisa melemahkan enamel, menyebabkan gigimu jadi kuning dan rapuh.

Apa kamu melakukan salah satu kebiasaan yang disebut di atas? Apa kamu menyadari apa yang membuat gigimu tidak putih cemerlang?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini