7 Kesalahan Menyisir yang Bisa Merusak Rambut

Menyisir kelihatannya memang mudah, tapi sebenarnya ada cara salah dan benar untuk melakukan itu. Menggunakan jenis sisir yang salah akan membuat rambutmu lemah dan patah, sementara menyisir rambut dengan benar bisa membuatnya berkilau, antikusut, dan bahkan mendorong pertumbuhannya.

Sisi Terang tak akan pernah meremehkan kekuatan menyisir dengan benar lagi setelah melakukan penelitian ini. Dan berikut beberapa kesalahan paling umum yang mungkin kamu lakukan tanpa menyadarinya.

1. Kamu menyisir dengan arah yang salah.

Menggerakkan sisir dari atas ke bawah bisa menarik rambut dari folikelnya dan menyebabkan kerusakan serta patah. Cara terbaik untuk mengurai kusut adalah mulai beberapa sentimeter dari ujung rambut dan perlahan lanjutkan sampai akar. Teknik paling efisien adalah memisahkan rambut menjadi beberapa bagian, dan urai kusut dalam tiap bagian secara terpisah.

2. Kamu hanya menyisir ujung rambut.

Memang lebih baik mulai mengurai kusut di ujung rambut, tapi bukan berarti kamu harus menghindari bagian atas kepalamu. Kulit kepala menghasilkan minyak kaya nutrien yang penting untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Penyaluran minyak ke ujung rambut akan membuat rambut lembut dan berkilau serta bahkan mungkin memiliki efek antikusut. Menyisir rambut juga memberi pijatan lembut pada kulit kepala yang meningkatkan aliran darah serta merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.

3. Kamu menggunakan sisir yang salah.

Menggunakan sisir yang tepat bisa menyelamatkan rambut dari patah dan mencegah bad hair day. Jika kamu punya rambut bergelombang dan keriting, pilih sisir dayung atau paddle brush, karena sisir ini akan mudah mengurai kusut. Jika rambutmu lurus dan kurang mengembang, sisir boar bristle akan dengan lembut menyisir rambutmu tanpa merusak atau menarik akarnya.

4. Kamu terlalu sering menyisir.

Terlalu sering menyisir rambut dengan semangat dalam sehari bisa melemahkan rambut dan membuatnya patah-patah. Sebagai gantinya, coba fokus pada kualitas menyisir. Meskipun teknik menyisir rambutmu sangat bagus, pastikan kamu membersihkan sisir secara teratur. Menggunakan sisir kotor berarti kamu menyebarkan produk lama dan sel kulit mati ke rambutmu.

5. Kamu menggunakan sisir yang sama untuk rambut basah dan kering.

Rambut basah mudah patah, dan menggunakan jenis sisir yang salah bisa dengan mudah merusaknya. Alat terbaik yang digunakan untuk menyisir rambut basah adalah sisir jarang. Sisir ini akan dengan aman mengurai rambut kusut dan menyebarkan perawatan tanpa bilas jika kamu menggunakannya.

6. Kamu menyisir rambut keriting kering.

Para spesialis perawatan rambut tidak menyarankan menyisir rambut keriting saat kering, sebaiknya gunakan semprotan antikusut dahulu. Kamu juga bisa mengoleskan produk pengurai kusut tanpa bilas dan perlahan pisahkan rambut keriting dengan lembut. Menyisir terlalu kencang bisa semakin merusak rambut dan membuatnya patah.

7. Kamu tidak menyisir rambutmu sebelum keramas.

Menyisir rambut sebelum keramas bisa mencegahnya kusut. Perlahan pijatkan sampo pada kulit kepala, jangan menggosoknya, lalu tekan rambut dengan handuk untuk mengeringkannya, jangan menggosoknya. Ini bisa menyebabkan rambut kusut, dan kamu harus menyisirnya lagi.

Kamu membuat kesalahan-kesalahan ini? Ada lagi yang mau kamu tambahkan ke daftar ini?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini