Sisi Terang
Sisi Terang

7 Kesalahan Sebelum Tidur yang Membuat Berat Badan Kita Naik pada Malam Hari

Melihat angka di timbangan bertambah bukan cuma akan menyebabkan frustrasi, tapi juga bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan. Menurut penelitian, kelebihan berat badan dapat memperpendek umurmu. Namun, jawaban untuk berat badan yang naik mendadak dapat ditemukan di dalam rutinitas malammu. Dengan mengetahui apa penyebab bertambahnya berat badanmu, kamu bisa mengambil tindakan pencegahan dan memilih cara hidup yang lebih sehat.

Sisi Terang telah mengumpulkan kesalahan sebelum tidur paling umum yang pada akhirnya menyebabkan berat badan bertambah. Ada pepatah mengatakan, sedia payung sebelum hujan, jadi, mari baca semuanya bersama-sama dan coba hindari atau berhenti mengulangi semua kesalahan ini!

1. Camilan larut malam

Kita semua tahu tentang larangan makan setelah pukul 6 sore, tapi kita tetap saja mencuri-curi makan pada malam hari atau sekadar menyemil di tengah malam. Akan tetapi, banyak penelitian mengingatkan kita bahwa makan larut malam adalah penyebab berat badan naik. Selain itu, kebiasaan ini dapat meningkatkan kolesterol, kadar insulin, dan secara negatif memengaruhi hormon kita. Ingat, jika asupan kalorimu jauh lebih besar dari apa yang kamu bakar, hasilnya berat badanmu pasti bertambah.

2. Minum kopi larut malam

Minum kopi larut malam membahayakan siklus tidurmu, jadi, kamu sebaiknya mengonsumsi kafein tidak lebih dari 6 jam sebelum tidur. Para ilmuwan juga menghubungkan konsumsi asam klorogenat, yang ditemukan dalam kopi, pada kenaikan berat badan. Cobalah ganti asupan kopimu dengan teh herbal atau, jika mau lebih baik lagi, dengan air hangat.

3. Kurang tidur

Durasi tidur yang sehat adalah sekitar 7-8 jam per malam, tapi kalau durasi tidurmu selalu di bawah jumlah ini setiap harinya, banyak masalah kesehatan akan mulai muncul. Penelitian telah membuktikan bahwa ada hubungan antara kurangnya tidur dengan perubahan negatif dalam metabolisme tubuh. Faktor penentu lain yang sangat berpengaruh adalah aktivitas fisikmu menjadi jauh berkurang karena kurangnya tidur.

4. Kurang olahraga

Latihan dan aktivitas fisik punya peran penting dalam penurunan berat badan, karena keduanya meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori. Olahraga, meski sekadar latihan ringan setiap hari, sangatlah penting. Dengan berjalan sekitar 15 menit setiap hari, kamu bisa membakar hingga 100 kalori. Jika ditotal, kamu membakar 700 kalori dalam seminggu dan itu menjadi penurunan berat badan hingga 5 kg dalam satu tahun.

5. Menggunakan perangkat elektronik pada malam hari

Penelitian mengonfirmasi bahwa pemakaian perangkat elektronik yang memancarkan cahaya biru sebelum tidur berhubungan dengan kurangnya tidur, lalu pada akhirnya menyebabkan berat badan bertambah. Perangkat elektronik mengganggu produksi melatonin tubuh, yaitu hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus tidur. Alih-alih melihat-lihat media sosial sebelum tidur, bacalah buku yang menarik atau dengarkan musik santai.

6. Mengatur alarm terlalu siang

Percaya atau tidak, para peneliti mengatakan bahwa orang-orang yang terpapar cahaya terang pada pagi hari punya indeks massa tubuh yang lebih rendah dibanding mereka yang terkena cahaya pada siang atau sore hari. Peneliti membuktikan bahwa hanya dengan mendapatkan 20-30 menit cahaya alami dari luar ruangan, indeks massa tubuhmu sudah berubah. Jadi, bangunlah lebih awal dan lanjutkan dengan lari pagi!

7. Kamu mengelilingi diri dengan warna yang salah

Warna biru melambangkan relaksasi, sehingga tidurmu lebih nyenyak. Warna ini juga menekan nafsu makan. Sementara itu, warna seperti merah atau jingga membuatmu merasa bersemangat dan lapar. Jadi, kamu mungkin perlu mengubah warna-warna yang ada di kamar tidurmu mulai sekarang.

Dari semua kesalahan sebelum tidur ini, mana saja yang baru kamu ketahui? Apa kamu akan mengubah kebiasaan malammu setelah membaca artikel ini? Bagikan pendapat dan idemu di kolom komentar, ya.

Sisi Terang/Kesehatan/7 Kesalahan Sebelum Tidur yang Membuat Berat Badan Kita Naik pada Malam Hari
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya