7 Titik Akupresur untuk Bantu Menenangkan dan Menghilangkan Rasa Tidak Nyaman pada Bayi

Banyak ibu tahu bahwa jika si kecil tidak sehat atau rewel, pijatan ringan bisa bantu menenangkannya. Bayi sangat peka terhadap sentuhan nyaman dan pijatan refleksi—yaitu rangsangan lembut terhadap titik-titik pijat di telapak kaki—yang bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan bayi. Pastikan untuk mengikuti saran dokter anak, dan Anda akan mendapati bahwa pijat telapak kaki bisa menjadi tambahan bagus bagi rutinitas harian bersama si kecil.

Kami di Sisi Terang senang mempelajari cara alami agar tetap sehat, dan penasaran untuk mengetahui bagaimana pijat refleksi bisa membantu bayi.

1. Tumbuh gigi

Jika bayi Anda sedang tumbuh gigi, pijat dengan lembut bagian ujung jari-jari kakinya guna meredakan rasa sakit. Titik-titik yang terhubung dengan rahang atas dan bawah serta gigi berada tepat di bawah buku-buku jari kaki. Menekan jari-jari kaki mungil bayi adalah obat alami bagi rasa sakit karena tumbuh gigi.

2. Pilek

Menggosok jari-jari kaki bayi bisa bantu mengatasi pilek. Titik utama yang terhubung dengan sinus berada di ujung dasar ibu jari kaki. Dengan menggosok lembut area ini, Anda bisa bantu mengatasi gejala demam dan nyeri sinus pada bayi.

3. Nyeri dada

Jika bayi mengalami dada sesak, coba pijat dengan lembut area di bawah 3 jari tengah kakinya. Anda bisa menekannya menggunakan dasar ibu jari dan mengurutnya naik turun. Anda juga bisa coba menggenggam telapak kaki bayi dengan jari-jari kedua tangan, dan pijat lembut area itu dengan ibu jari.

4. Sakit perut

Memijat bagian tengah telapak kaki bayi bisa bantu mengatasi kejang dan rasa tidak nyaman pada perut. Pijatan ringan di bagian ini adalah cara alami untuk meredakan sakit perut.

5. Gangguan pencernaan

Pijatan lembut di telapak kaki bisa bantu mengatasi masalah pencernaan yang dialami bayi. Memijat ringan titik yang letaknya 4 jari dari ibu jari kaki bisa meredakan gangguan pencernaan, sakit perut, dan mual.

6. Nyeri gas

Memijat bagian telapak kaki sangat baik saat bayi sedang agak kembung. Merangsang titik di antara ibu jari dan jari kaki kedua bisa meredakan mual, muntah, dan kembung.

7. Sembelit

Menurut sebuah penelitian, pijatan pada telapak kaki bisa meredakan sembelit. Gosoklah tumit bayi dengan lembut jika buah hati mengalami sakit perut. Bagian kaki ini terhubung dengan perut dan secara alami bisa meringankan masalah yang berhubungan dengan sembelit.

Anda pernah mencoba pijat refleksi? Apakah pijat ini membantu Anda?

Bagikan Artikel Ini