8 Kebiasaan Kecil yang Akan Mempercepat Perjuanganmu Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan seringnya memerlukan waktu lama, sehingga kamu berharap ada cara untuk sedikit mempercepatnya. Oke, bergembiralah kalian yang sedang berdiet, karena ada berbagai cara untuk membakar kalori, menekan nafsu makan, dan mengencangkan ototmu.

Sisi Terang mengumpulkan beberapa tips dan trik kecil untuk melancarkan penurunan berat badan dan kami senang membagikannya kepadamu.

1. Nyalakan lilin

Bayangkan lilin aroma vanila. Kedengarannya segar, ya? Vanila terkenal sebagai perisa es krim atau kue, hal-hal yang hampir tidak ada kaitannya dengan penurunan berat badan. Tapi ternyata, kalau kita menghabiskan banyak waktu berada di sekitar bau lezat, itu bisa menghentikan nafsu makan kita, lho. Vanila mematikan keinginan terhadap yang manis-manis, terutama cokelat. Jadi, memenuhi rumahmu dengan aroma vanila adalah cara yang bagus guna menjauhkan keinginan untuk makan.

2. Makan buah dan sayuran yang tidak dikupas

Tidak diragukan lagi, makan buah dan sayuran mendatangkan keajaiban bagi kesehatanmu. Tapi buah dan sayur akan lebih bermanfaat kalau dikonsumsi dengan kulitnya. Kulit buah dan sayur penuh dengan antioksidan dan serat, yang membantu mengurangi rasa lapar dan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Bakteri baik yang hidup dalam mikroflora perut kita juga makan serat dan menghasilkan asam lemak, yang meningkatkan rasa aman.

Dan sebagai bonus, mengonsumsi kulit buah dan sayur bisa membantu mencegah beberapa penyakit parah seperti kanker dan Alzheimer.

3. Letakkan cermin di tempat kamu makan

Suatu penelitian menunjukkan bahwa melihat diri kita sendiri makan dengan dramatis akan berdampak terhadap berapa banyak kita makan. Penelitian ini melibatkan 185 siswa, setengahnya makan kue cokelat, setengah yang lain, salad buah. Para siswa yang harus makan kue di depan cermin sama sekali tidak menikmatinya, tidak seperti yang makan salad. Kita jelas tidak suka gambar visual diri kita yang makan terlalu banyak atau tidak sehat, jadi dengan begini, lebih kecil kemungkinan kita memanjakan diri.

4. Tegakkan badan

Ada banyak alasan tepat untuk memperbaiki posturmu. Ini membuatmu tampak lebih langsing dan tinggi, dan juga menguatkan otot-otot perutmu. Ini bisa meningkatkan level energimu dan melepaskan diri dari kelelahan karena diet. Jadi kalau ini dijadikan kebiasaan, kamu akan melatih otot-otot perutmu sambil duduk maupun berdiri, terus-menerus dan tanpa susah payah!

5. Fidgeting.

Mengetuk-ngetukkan jari, melangkah bolak-balik, bergoyang-goyang, bergeser, menggeleng—melakukan semua gerakan ini sepanjang hari membuatmu mengeluarkan lebih banyak energi dan membakar lebih banyak kalori. Jumlahnya cukup besar antara 100 sampai 800 kalori. Ketika para peneliti menjejalkan sampai 1.000 kalori per hari ke peserta penelitian, mereka yang bergerak gelisah lebih efektif melawan kenaikan berat badan. Jadi, jangan anggap ini sebagai kejang otot, tapi anggaplah sebagai latihan spontan kecil.

6. Mengonsumsi vitamin D

Vitamin D bukan hanya membantu mendukung sistem imun dan memperkuat tulang-tulang serta gigi, tapi juga memengaruhi lemak tubuhmu. Vitamin D melakukan tugasnya dengan menekan terbentuknya dan menumpuknya sel-sel lemak atau menghasilkan serotonin yang membantu mengendalikan nafsu makan. Jadi, coba konsumsi lebih banyak telur, jamur, dan ikan yang kaya akan vitamin ini.

7. Memakai sepatu berhak tinggi

Percaya atau tidak, memakai sepatu berhak tinggi memberikan latihan lengkap bagi kaki dan tulang belakang. Sepatu bertumit tinggi menuntut untuk menjaga postur tetap tegak (ini saja sudah merupakan latihan!) dan membantu membentuk otot betismu, mengencangkan dan menguatkannya. Jadi, kegiatan sederhana berupa berjalan dengan sepatu tumit tinggi berandil lumayan dalam pembakaran kalori harian. Akan tetapi, ingat juga adanya risiko kesehatan akibat terus menerus memakai sepatu berhak tinggi.

8. Konsumsi lebih banyak rempah

Pertimbangkan untuk melibatkan lebih banyak panas dalam dietmu: makanan pedas bisa sangat membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan penggunaan energi. Misalnya, lada hitam mencegah terbentuknya sel-sel lemak, jahe dan kayu manis mengendalikan kadar gula dalam darah, kunyit dan jintan membakar lemak, dan cabai rawit meningkatkan metabolisme. Belum lagi citarasa yang dihadirkan rempah-rempah dalam makananmu!

Metode apa yang kamu gunakan untuk menurunkan berat badanmu?

Bagikan Artikel Ini