Sisi Terang
Sisi Terang

8 Tanda Kehamilan Tak Terduga Ini Mungkin Belum Pernah Kamu Tahu

Selama kehamilan, tubuh manusia dapat mengalami banyak perubahan fisik, emosi, dan psikologis, sehingga sulit untuk terus melacaknya. Perubahan ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga.

Sisi Terang menemukan 8 tanda kehamilan langka yang mungkin kita abaikan, tapi bisa memberikan petunjuk bahwa buah hatimu akan segera hadir!

1. Muncul skin tag di tubuhmu.

Skin tag atau geleber kulit adalah daging berlebih di permukaan kulit yang dapat muncul di tubuhmu selama masa kehamilan karena perubahan kadar hormon atau berat badan bertambah. Skin tag pada umumnya menghilang setelah melahirkan.

2. Mulut berliur

Air liur berlebih, yang juga dikenal sebagai ptyalism gravidarum, biasanya juga muncul bersamaan dengan mual dan muntah. Meski penyebabnya belum diketahui, beberapa wanita hamil memerlukan cangkir kertas atau tisu untuk mengontrol air liur ini.

3. Makanan terasa seperti logam bagimu.

Pada masa awal kehamilan, makanan dapat terasa seperti logam dan asam, fenomena ini disebut disgeusia. Mengonsumsi makanan asam atau membersihkan mulut dengan garam atau soda kue setelah menggosok gigi dapat meringankan rasa logam dan asam ini.

4. Gusimu sakit.

Perubahan pola makan dan kadar hormon dapat menyebabkan gusi sakit dan berdarah selama masa kehamilan, ini lebih dikenal sebagai gingivitis kehamilan. Penyakit gusi ini nantinya akan hilang, tapi untuk meringankan rasa sakitnya, jagalah kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara lembut.

5. Kamu pilek.

Rinitis kehamilan dialami 20% wanita hamil dengan gejala bersin dan pilek. Gejala-gejala yang menjengkelkan ini bersifat sementara dan dapat diobati dengan olahraga teratur, pelembap udara, penyemprot hidung, dan dekongestan.

6. Napasmu menjadi pendek.

Selama tahap awal kehamilan, perubahan kadar hormon dapat menyebabkan sesak napas. Untuk memperbaiki pernapasanmu selama kehamilan, cobalah latih postur tubuh dan teknik pernapasan yang baik.

7. Indra penciumanmu tiba-tiba menjadi lebih kuat.

Indra penciuman wanita hamil mungkin meningkat, ini biasa disebut hiperosmia, terutama pada aroma parfum, kopi, bensin, atau makanan basi. Untungnya, hiperosmia hanya bersifat sementara dan berakhir setelah trimester pertama.

8. Kamu ingin memakan benda yang bukan makanan, seperti batu atau sabun.

Beberapa wanita hamil pernah merasa mengidam maizena, beras mentah, kapur, sabun, dan logam. Perasaan ini dikenal sebagai pika, yang merupakan keinginan untuk mengonsumsi benda-benda tidak lazim. Jika kamu tiba-tiba ingin mencicipi batu, segera kunjungi doktermu.

Pernahkah kamu atau orang yang kamu kenal mengalami gejala-gejala ini selama kehamilan? Apakah kamu tahu gejala kehamilan tidak biasa lainnya? Coba tulis di kolom komentar, ya.

Sisi Terang/Kesehatan/8 Tanda Kehamilan Tak Terduga Ini Mungkin Belum Pernah Kamu Tahu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya