Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

8 Tanda Wajahmu Mulai Menua Lebih Cepat

----
743

Meskipun kita bisa menerima kenyataan bahwa kulit kita akan menua seiring waktu, ada kemungkinan tanda penuaan kulit bisa muncul saat usia kita masih berkepala dua. Sebagian besar perubahan fisik ini tidak berbahaya, tapi bisa membuat kita merasa tidak nyaman dan bahkan memengaruhi rasa percaya diri kita. Mengubah gaya hidup dan kebiasaan kita setelah mengenali tanda awal penuaan kulit membuka peluang bagi kita untuk menikmati masa awet muda lebih lama.

Sisi Terang ingin menjaga kesehatan kulitmu, jadi kami mempelajari apa saja yang perlu diperhatikan jika kulitmu menua lebih cepat.

1. Ada bintil-bintil kecil di wajahmu.

Benjolan kecil ini disebut milia, yaitu benjolan kecil berwarna putih yang biasanya muncul di sekitar hidung dan pipi. Benjolan ini dapat tumbuh ketika kulit kita mulai kehilangan kemampuannya untuk mengeksfoliasi diri. Penggunaan produk seperti krim steroid yang berlebihan bisa membuat kulit lebih cepat menua dan menyebabkan milia.

2. Bibirmu menjadi lebih tipis.

Jika kamu melihat bibirmu mulai menipis di usia dua puluhan, ada kemungkinan kulitmu menua lebih cepat dari keadaan normal. Alasan utamanya mungkin kurangnya kolagen di bibir. Hal ini juga bisa disebabkan oleh dehidrasi, kebiasaan menggunakan sedotan, paparan sinar matahari yang terus menerus, dan kekurangan vitamin C.

3. Kulitmu mudah rusak.

Kulit kita bisa saja menua lebih cepat dari perkiraan jika muncul luka secara misterius. Ini terjadi karena kulit kita menjadi makin tipis dari biasanya, membuatnya cenderung mudah luka dan sembuh lebih lama. Melembapkan kulit secara rutin bisa membantu mencegah kondisi ini.

4. Tekstur kulit menjadi kaku.

Paparan sinar matahari yang lama tanpa tabir surya adalah alasan utama kondisi ini terjadi. Kerusakannya disebabkan karena menurunnya elastin, yang memungkinkan kulit kita untuk meregang dan kembali ke posisi semula. Orang-orang yang kerap kali menggunakan tanning bed juga lebih berisiko mengalami kondisi ini.

5. Kelopak matamu mengendur.

Kamu mungkin harus lebih jarang menggosok mata dari biasanya jika sadar kelopak matamu mulai mengendur. Disebut juga dengan ptosis, kelopak mata yang kendur juga bisa terjadi karena penggunaan lensa kontak kaku yang berkepanjangan atau mungkin efek dari operasi mata yang baru kamu jalani.

6. Bentuk bagian ujung hidung berubah.

Pada umumnya, perubahan bentuk hidung terjadi secara alami ketika kita memasuki usia empat puluhan. Sayangnya, penuaan kulit karena efek berbahaya matahari memungkinkan hal ini terjadi lebih cepat. Kondisi ini bisa membuat sebagian dari kita merasa tidak percaya diri. Kabar baiknya, ada prosedur rinoplasti modern yang tidak begitu berisiko dan memberikan hasil yang konsisten dan tampak alami.

7. Kamu melihat banyaknya titik merah di wajah.

Titik-titik merah ini juga disebut dengan cherry angioma dan biasanya ditemukan pada orang yang berusia 30 tahun lebih, dan kemunculannya terus meningkat pada mereka yang berusia di atas 40 tahun. Titik merah ini tidak berbahaya, namun ada beberapa opsi bagi kamu yang ingin menghilangkannya, misalnya menjalani bedah beku (cryosurgery) dan operasi laser.

8. Kamu punya kantong mata yang sulit hilang.

Mudah bagi kita untuk mengabaikan yang satu ini, karena biasanya kantong mata dianggap sebagai kondisi normal yang mulai terjadi di usia dua puluhan dan bukan pertanda penuaan kulit yang cepat. Alasan lain dari kantong mata, selain karena kurang tidur, adalah karena cairan yang menumpuk di sekitar mata. Salah satu cara untuk menghilangkannya adalah mengurangi makanan asin dari menu makananmu untuk mencegah retensi air yang meningkat di area sekitar mata.

Kondisi mana yang kamu sadari terjadi pada wajahmu? Langkah apa yang kamu ambil untuk mencegah kulitmu dari penuaan?

Kredit foto pratinjau shutterstock.com
----
743
Bagikan Artikel Ini