8 Teknik untuk Meredakan Leher Kaku

Leher kaku adalah masalah umum di masyarakat modern. Penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) melaporkan bahwa lebih dari 17% wanita dan lebih dari 12% pria mengalami sakit leher atau kekakuan.

Sisi Terang mengumpulkan beberapa tips dan latihan sederhana yang bisa membantumu mencegah dan meredakan sakit tak diinginkan ini.

1. Lakukan peregangan

Menghentikan aktivitas sehari-hari untuk peregangan sangat membantu mencegah rasa kaku di leher. Coba ikuti langkah-langkah berikut:

  • Putar bahu.
  • Tekan tulang belikat bersamaan beberapa kali.
  • Perlahan turunkan telinga ke dekat masing-masing bahu.
  • Perlahan putar kepala ke kiri dan kanan.
  • Letakkan tangan di atas telinga, lalu tekan perlahan dengan jari, lawan dengan otot leher agar kepala tetap tegak.

2. Pakai kompres dingin atau hangat

Untuk mengurangi peradangan di sekitar leher, kompres hangat atau dingin mungkin akan ampuh. Mengompres dengan es kalau-kalau sakit leher kambuh sangat membantu melawan peradangan. Sementara itu, panas di leher bisa merangsang aliran darah. Kedua perawatan ini ampuh dan pasien bisa memilih mana yang paling mereka suka — kompres ini bahkan bisa digunakan bergantian.

3. Kurangi ketinggian bantal

Terlalu banyak bantal di kasur bisa berbahaya untuk leher saat tidur. Tinggi tumpukan bantal membuat leher tertekuk sehingga menyebabkan sakit begitu kamu bangun. Selain itu, hindari bantal yang sangat kaku karena itu menghambat gerakan leher.

4. Minta pijat profesional

Saat dilakukan dengan benar, pijatan lembut pada area yang sakit dan nyeri bisa meregangkan otot leher dan punggung. Selain itu, pijatan juga bisa mengurangi sakit leher, meningkatkan rentang gerak, dan bahkan meredakan stres.

5. Bergerak

Jika kamu bekerja di kantor atau menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputer, kamu bisa mengalami sakit leher. Jika kamu berdiri dan berolahraga sesekali, lehermu akan terbebas dari posisi tidak sehat terlalu lama.

6. Coba akupunktur

Teknik ini telah digunakan selama ribuan tahun dalam pengobatan Tionghoa dan caranya adalah menusukkan jarum ke titik tekanan tubuh yang meredakan tegangan dan membantu memulihkan nyeri parah di bagian leher.

7. Tusuk bagian bawah lidah dengan garpu

Lidah berisi informasi berharga tentang masalah tubuh kita, termasuk masalah leher. Seperti yang disebutkan sebelumnya, akupunktur bisa memberi bantuan untuk meredakan nyeri, dan ada jenis akupunktur spesifik yang bisa sangat membantu. Teknik ini disebut akupunktur lingual dan caranya adalah merangsang ujung lidah 10 sampai 30 kali dengan garpu (atau jari). Nyeri di leher akan cepat berkurang.

8. Jangan melihat ponsel dengan menunduk

Tips terakhir adalah hindari menaruh ponsel atau alat pintar lain di posisi rendah saat melihatnya. Memaksa kepala menunduk memperburuk leher dan menambah nyeri. Jadi, pastikan kamu selalu memegang ponsel sejajar mata.

Kamu sering merasa sakit leher? Bagaimana caramu mengatasi masalah itu sejauh ini?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com, Depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini