9 Hal yang Bisa Terjadi pada Tubuhmu jika Mulai Mengonsumsi 2 Butir Telur Sehari

Khasiat yang bermanfaat dari telur ayam sudah berulang kali dipertanyakan. Orang menjelek-jelekkan produk yang sekarang telah terbukti punya banyak keunikan dalam komposisinya ini.

Sisi Terang mengumpulkan hasil berbagai penelitian terkini tentang manfaat telur ayam bagi tubuh manusia. Ternyata 2-3 butir telur adalah dosis harian yang optimal.

Otakmu terlindungi oleh kolina

Fosfolipid, yang memastikan komunikasi normal antar sel otak, terdiri dari kolina. Secara klinis telah terbukti bahwa vitamin khusus ini adalah materi pembentuk terpenting dari otak. Kalau kamu mengonsumsi 2 butir telur sehari, tubuhmu menerima cukup nutrisi ini. Defisiensi kolina bisa menimbulkan penurunan daya ingat.

Penglihatan terjaga berkat lutein

Penelitian baru menunjukkan bahwa telur ayam kaya lutein. Bahan ini bertanggung jawab atas jernih dan tajamnya penglihatan. Dengan kurangnya lutein, akan terjadi akumulasi perubahan yang merusak dalam jaringan mata, dan penglihatan memburuk secara permanen.

Vitamin D membantu penyerapan kalsium

Jika kamu tawari orang untuk minum sesendok penuh minyak ikan atau makan sebutir telur rebus, kebanyakan akan memilih telur rebus. Terutama jika dia tahu bahwa kandungan vitamin D dalam keduanya sama. Terlebih lagi, para ilmuwan telah menemukan cara meningkatkan kandungan vitamin D dalam telur dengan memberikan suplemen khusus kepada ayam. Vitamin D membantu agar penyerapan kalsium lebih baik dan memperkuat tulang serta gigimu.

Vitamin B kompleks melindungi kulit, rambut dan liver

Biotin, vitamin B12, dan berbagai protein bernutrisi yang bisa dicerna berkontribusi terhadap menguatnya rambut dan kulit. Fosfolipid yang terkandung dalam telur ayam mendukung pembuangan toksin dari liver.

Risiko penyakit kardiovaskular menurun

Meskipun ada pendapat sebelumnya, penelitian baru telah membuktikan kolesterol dalam telur seimbang dengan fosfatida, sehingga tidak berbahaya bagi kesehatan kita. Ini juga menghambat produksi kolesterol tubuh sendiri. Di samping itu, telur mengandung asam-asam omega-3 yang menurunkan kadar trigliserida, sehingga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Kamu mulai mengalami penurunan berat badan

Para ilmuwan Amerika sampai pada kesimpulan jika kamu memadukan diet rendah kalori dengan konsumsi telur sebagai sarapan, penurunan berat badan akan dua kali lebih cepat. Sarapan seperti itu membuatmu kenyang dalam waktu lama, sehingga memungkinkan kamu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi dalam sehari.

Menurunkan risiko penyakit kanker

Kolina, yang sangat penting bagi otak, juga menurunkan risiko penyakit kanker. Menurut hasil penelitian, bagi wanita yang pola makanan harian di masa remajanya mencakup telur, risiko menderita kanker payudara berkurang sampai 18%.

Berguna saat merencanakan untuk memiliki anak

Berbagai vitamin B juga turut berperan dalam pembentukan hormon seks. Vitamin B9 punya nama lain: asam folat. Dengan bantuannya, sel-sel darah merah dan tabung saraf dari janin terbentuk, dan risiko seorang anak mengalami keterbelakangan mental berkurang. Ini sebabnya vitamin B9 sangat penting bagi wanita selama perencanaan kehamilan. 1 butir telur ayam mengandung 7,0 mikrogram vitamin B9.

Memperlambat proses penuaan

Ini terbukti oleh penelitian yang diadakan oleh para ilmuwan Belanda. Pada 87% wanita usia 35 sampai 40 tahun, bintik-bintik karena penuaan menghilang dan kulit kencang. Pada pria, keriput di sekitar mata tampak jelas menjadi halus.

Kredit foto pratinjau depositphotos
Bagikan Artikel Ini