Sisi Terang
Sisi Terang

Air Beras Membantu Wanita Jepang Terlihat Sangat Muda

Wanita Jepang dikenal dengan kulitnya yang bening, sempurna, dan halus. Meskipun Jepang adalah negara paling inovatif di dunia, wanita Jepang masih menggunakan perawatan berumur beberapa abad untuk terlihat lebih muda daripada usia mereka. Salah satu perawatan itu adalah menggunakan air yang tersisa setelah mencuci beras.

Kami di Sisi Terang benar-benar terkesan dengan keunggulan bahan sederhana ini pada kulit. Dan kami menyiapkan fitur bonus yang bisa kamu lihat di akhir artikel.

1. Air beras mencegah penuaan kulit.

Menggunakan air beras sebagai pembersih wajah bisa membantumu mencegah keriput. Air beras fermentasi meningkatkan produksi kolagen dalam kulit dan membantunya terlihat kenyal dan lebih muda. Air beras juga kaya antioksidan, yang menjadikannya senjata kuat dan alami melawan keriput dini.

2. Berfungsi sebagai tabir surya alami

Air beras memiliki efek penyejuk alami. Memakainya pada kulit bisa membantu mengobati luka bakar akibat matahari dan meredakan iritasi. Elemen yang ditemukan dalam beras telah terbukti melindungi kulit melawan luka akibat matahari. Paparan matahari adalah salah satu penyebab paling umum kerusakan kulit. Menggunakan air beras adalah cara mudah dan murah untuk melindungi wajah.

3. Mengobati kulit rusak

Industri kecantikan menawarkan banyak produk efektif, tapi mahal, yang bisa membantumu mendapatkan kulit yang lebih baik. Air beras adalah bahan perawatan kulit alami dan murah yang kebanyakan orang punya di lemari dapur mereka. Selain kemampuannya mengurangi keriput, air beras memperbaiki kerusakan kulit dan bahkan bisa digunakan untuk mengobati kondisi kulit tertentu, seperti dermatitis atopik.

4. Mengurangi pigmentasi kulit

Meskipun hiperpigmentasi biasanya tak berbahaya, kondisi kulit yang umum ini bisa cukup menyebalkan dan memalukan bagi sebagian orang. Jika tak diobati, bintik hitam bisa menyebabkan warna kulit tidak rata, yang bisa membuat kulit terlihat patchy. Air beras telah terbukti meningkatkan produksi melanin dan bisa secara efektif mengurangi hiperpigmentasi.

5. Bisa mengontrol kulit berminyak

Minyak alami penting untuk kesehatan kulit karena mengunci hidrasi dan berfungsi sebagai lapisan pelindung terhadap serangan luar. Tapi memiliki kulit berminyak dan berkilap tidak begitu menyenangkan. Kita sering mencari toner atau sabun pencuci wajah yang bisa membuat wajah terlihat lebih matte. Kenyataannya, banyak produk perawatan kulit untuk kulit berminyak mengandung zat yang bisa mengganggu aktivitas kelenjar sebasea dan menyebabkan produksi sebum yang berlebihan sehingga akan membuat kulit terlihat lebih berminyak. Menggunakan air beras adalah cara aman untuk menyeimbangkan kulit berminyak karena menghilangkan minyak berlebih dan tidak membuat kulit kering.

6. Memperbaiki kulit dari dalam sampai luar

Memakai air beras sebagai perawatan dari luar memang bisa bermanfaat bagi kulit, tapi meminumnya bisa membantumu mengubah kulit dari dalam. Air beras bagus untuk pencernaan, mengandung prebiotik, dan dikenal membantu mengobati keracunan makanan dan gangguan pencernaan. Karena kesehatan usus penting untuk kulit cantik, air beras adalah ramuan ajaib yang akan menjaga kilau kulit.

Bonus: Cara membuat air beras fermentasi

  • Cuci beras dan tambahkan 2-3 cup air.
  • Diamkan pada suhu kamar selama 48 jam.
  • Aduk beras dan saring airnya.
  • Kamu bisa menyimpan air beras dalam wadah tertutup selama 7 hari dan gunakan sebagai pembersih untuk kulit dan rambut.

Kamu pernah mendengar kalau air beras bisa bermanfaat untuk kulit? Apa kamu mau mencobanya?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Sisi Terang/Kesehatan/Air Beras Membantu Wanita Jepang Terlihat Sangat Muda
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya