Sisi Terang
Sisi Terang

Alasan Kenapa Lebih Baik Kamu Segera Ganti Pakaian Begitu Sampai di Rumah

Ketika tiba di rumah setelah hari yang sibuk di tempat kerja, sering kali kamu merasa begitu lelah hingga tidak memiliki energi untuk berganti pakaian. Kamu memasak makan malam, mencuci piring, dan menidurkan anak-anak dengan memakai celana jin serta kaus yang sudah kamu pakai sejak pagi. Ternyata, kebiasaan ini menyimpan bahaya yang pada akhirnya dapat mengganggu kesehatan dan tampilanmu.

Kami di Sisi Terang memutuskan untuk mencermati lebih lanjut tentang apa yang akan terjadi jika kamu tetap mengenakan pakaian yang kamu pakai sepanjang hari di luar rumah.

1. Tidak baik bagi pembuluh darahmu.

Celana jin ketatmu memang bisa membuatmu tampil keren. Akan tetapi, jika kamu tidak melepaskannya ketika sampai di rumah, kesehatanmu akan terganggu. Pakaian yang kita pakai ketika pergi keluar jauh lebih ketat daripada pakaian rumah yang nyaman dan bisa berdampak negatif terhadap sirkulasi darahmu. Baju yang ketat bisa memperlambat aliran darah. Kalau kamu memakainya terus-menerus, pembuluh darahmu bisa terluka.

2. Kamu bisa membawa bakteri ke dalam rumahmu.

Kamu mungkin tidak akan langsung jatuh sakit karena tetap memakai pakaian yang sama sepanjang hari, tapi ada kemungkinan kamu membawa kuman ke dalam rumah yang bisa menyebabkan berbagai infeksi. Sebagian dari bakteri tersebut adalah Acinetobacter yang bisa memicu infeksi pernapasan dan Staphylococcus aureus yang bisa menyebabkan radang di berbagai bagian tubuh dan kebal terhadap banyak obat.

Meskipun dokter menyatakan kamu tidak perlu khawatir berlebihan akan membawa bakteri ini pulang, kamu masih tetap mungkin tertular bakteri ini. Oleh karena itu, solusi terbaiknya adalah tidak berjalan-jalan di dalam rumah dengan pakaian yang kamu pakai di luar.

3. Bisa menyebabkan jerawat di tubuh.

Jika memiliki jerawat menyebalkan di bahu atau punggung, mungkin kamu harus lebih mencermati cara berpakaianmu. Pakaian yang terbuat dari kain sintetis memang terlihat menarik, tapi tidak memungkinkan kulitmu bernapas. Kain ini memerangkap panas pada tubuh sehingga menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Alasan lain tumbuhnya jerawat di leher dan dada adalah mungkin karena kebiasaanmu tetap memakai pakaian gym setelah sampai di rumah. Pakaian olahraga didesain agar kamu merasa nyaman selama berolahraga. Jika kamu tidak melepaskannya setelah sesi latihan selesai, ini bisa menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan munculnya komedo.

4. Bisa menyebabkan masalah perut.

Pakaian ketat yang menekan ke dalam pinggangmu bisa menyebabkan masalah kesehatan yang jauh lebih buruk dari ketidaknyamanan. Pakaian yang menekan perut bisa memicu berbagai masalah pencernaan, termasuk refluks asam yang merupakan salah satu keluhan usus paling umum. Jika kamu tidak bisa meninggalkan celana jin ketat atau rok pensil kesayangan, setidaknya hindari memakainya setiap hari. Gantilah dengan pakaian yang nyaman begitu kamu sampai di rumah.

Apa kamu segera berganti pakaian ketika sampai rumah?

Sisi Terang/Kesehatan/Alasan Kenapa Lebih Baik Kamu Segera Ganti Pakaian Begitu Sampai di Rumah
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya