Sisi Terang
Sisi Terang

Apa Itu Metode Mizoguchi dan Bagaimana Metode Ini Memperbaiki Posturmu

Banyak orang menderita nyeri di beberapa bagian tubuh karena postur tubuh yang buruk dan karena masalah inilah metode Mizoguchi hadir. Metode ini terdiri dari rangkaian gerakan yang hanya memakan waktu beberapa menit. Tapi gerakan ini harus dilakukan secara rutin agar kita bisa memperbaiki postur tubuh dan mendapatkan manfaat lain tanpa perlu bersusah payah. Metode ini diciptakan oleh seorang penari bernama Yoko Mizoguchi yang mengklaim metode buatannya ini membantu kita melemaskan persendian dan meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Meski buku Mizoguchi saat ini hanya dicetak dalam bahasa Spanyol, Sisi Terang ingin menunjukkan beberapa gerakan dasar dari metode ini agar kamu bisa berlatih melakukannya saat punya beberapa menit waktu luang di sela-sela rapat. Bacalah sampai akhir karena kami juga akan memberi tahu manfaat apa saja yang bisa kamu dapat dari metode ini.

Apa itu metode Mizoguchi?

Metode Mizoguchi adalah latihan fisik yang didasari pada keselarasan dan fleksibilitas persendian. Tujuan dari metode ini adalah memperbaiki mobilitas alami tubuh dan mendapatkan bentuk tubuh ideal tanpa perlu bersusah payah. Sang penulis, Yoko Mizoguchi, menyarankan metode ini kepada orang-orang yang kesulitan melakukan gerakan fisik, seperti orang-orang yang perlu melakukan yoga atau pilates, dan mereka yang perlu melemaskan otot. Hal yang paling menarik dari metode yang dikenalkan oleh Mizoguchi ini adalah kita hanya butuh beberapa menit.

1. Berjalan menggunakan bokong.

Gerakan ini, yang juga dikenal dengan istilah bum-walking, dilakukan dengan cara bergerak-gerak di lantai menggunakan bokong. Untuk melakukan gerakan ini, kamu harus duduk dengan kedua lutut ditekuk ke samping (seperti yang terlihat pada gambar). Sambil duduk dengan tegap, mengayunlah ke samping seperti kamu berjalan, tapi gunakan bokongmu sebagai pengganti kaki. Gerakan ini meningkatkan gerakan panggul dan pinggang, yang akan meningkatkan koordinasi dan resistensinya, khususnya ketika kita berjalan normal.

2. Rotasi bahu.

Ini salah satu gerakan paling dasar dan paling mudah yang biasanya ada dalam banyak rangkaian gerakan. Kamu bisa melakukan ini sambil berdiri ataupun duduk. Gerakkan bahumu melingkar, mulai dari memutarnya ke depan kemudian ke belakang, untuk melemaskan tekanan pada bahu dan lehermu. Gerakan ini paling cocok bagi mereka yang bekerja di depan komputer selama berjam-jam atau mereka yang melakukan tugas manajemen kantor.

3. Rotasi skapula.

Ini adalah gerakan yang sangat direkomendasikan bagi kamu yang menghabiskan banyak waktu duduk di kantor. Cara melakukan gerakan ini cukup mudah: gerakkan bahumu dengan membayangkan arah menyilang pada bagian punggung. Mulailah dengan menggerakkan bahu dari atas ke bawah, lalu dari depan ke belakang. Terakhir, putar punggungmu dari kiri ke kanan. Gerakan ini hanya butuh beberapa detik, tapi mampu merelakskan punggungmu.

4. Pijatan bokong.

Latihan ini hanya memakan waktu sekitar satu menit dan yang kamu butuhkan hanyalah bola tenis atau bola golf. Kamu harus memulai dengan membaringkan badan telentang di lantai. Lalu letakkan bolanya di bawah bokongmu dan mulai putarkan pinggul kira-kira selama 30 detik. Kemudian ulangi lagi, tapi kali ini, lakukan di sisi bokongmu yang satunya. Dengan melakukan gerakan ini, kamu akan meningkatkan mobilitas pinggulmu dan membuat otot-otot panggulmu lebih relaks.

5. Meregangkan pergelangan kaki.

Kamu bisa melakukan latihan ini dengan menggunakan kursi kantor dan hanya akan memakan waktu beberapa detik—jadi, kamu pasti bisa melakukannya! Mulailah dengan meregangkan kakimu ke depan. Kemudian, gerakkan kakimu ke belakang dan ke depan. Coba lakukan gerakan ini ke arah samping juga untuk hasil yang maksimal. Gerakan ini akan membuat pergelangan kakimu lebih relaks dan seiring berjalannya waktu, gaya berjalanmu juga akan terlihat lebih elegan.

Manfaat metode Mizoguchi.

Menurut Mizoguchi, metode ini punya banyak manfaat bagi tubuh kita karena berfokus pada pelemasan persendian pinggang, pinggul, tangan, dan kaki tanpa memerlukan latihan fisik yang intens. Dia juga mengklaim jika kamu rutin melakukan metode ini dan melakukan semua gerakan yang dijelaskan di atas, kamu bisa mendapatkan hasil seperti berikut:

  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh.
  • Mengurangi ketegangan otot.
  • Meningkatkan kekuatan dan ketahanan yang seimbang di kedua sisi tubuh.
  • Meningkatkan keseimbangan sistem saraf.
  • Mendapatkan postur tubuh lebih ramping.
  • Memperbaiki fungsi motorik tubuh dengan mengatur ulang tubuh kita.
  • Menghilangkan masalah pencernaan (seperti sembelit).
  • Memperkuat otot yang jarang dilatih.
  • Meningkatkan koordinasi pergerakan tubuh sehingga gaya berjalan kita lebih ringan dan elegan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus melakukan tiap gerakan sekitar 30 detik dan mengulangi semuanya setidaknya sehari sekali. Karena latihan ini sangat mudah, kamu bisa melakukannya pada jam istirahat kantor atau bahkan memulainya ketika kamu sedang bekerja untuk kemudian dilanjutkan pada sore hari.

Apa kamu meluangkan cukup banyak waktu untuk menjaga kesehatan tubuh setiap hari? Kami sangat tertarik membacanya jika kamu punya teknik-teknik atau latihan fisik lain yang bisa membantu banyak orang untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri karena duduk terlalu lama.

Sisi Terang/Kesehatan/Apa Itu Metode Mizoguchi dan Bagaimana Metode Ini Memperbaiki Posturmu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya