Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Apa Itu Sushi Face, dan Inilah 5 Cara untuk Mencegahnya

----
135

Kalau pernah menikmati makanan Jepang favoritmu dan esok paginya bangun dengan wajah bengkak, mungkin kamu tahu apa yang disebut Julianne Moore sebagai “sushi face.” Aktris itu berkata dia tidak pernah makan sushi pada malam sebelum acara penting karena tahu wajahnya akan bengkak. Meskipun umumnya kita mengaitkan makanan tertentu dengan perut kembung, sebagian makanan juga bisa membuat wajahmu bengkak, lho.

Kami di Sisi Terang juga suka sushi dan belum siap berhenti total makan sushi. Kami memutuskan untuk mencari tahu apa saja makanan lain yang cenderung membuat wajah bengkak sekaligus cara mengatasinya.

1. Hindari makanan asin.

Makan terlalu banyak garam menyebabkan tubuhmu menahan air, yang membuat perut kembung dan wajahmu bengkak di pagi hari. Meskipun banyak faktor yang bisa menyebabkan perut kembung, termasuk pencernaan, stres, dan alergi makanan, ahli medis menyarankan untuk mengurangi asupan garam agar kamu bangun dalam keadaan siap menghadapi kamera.

2. Kurang karbohidrat.

Jika kamu merasa sepertinya berat badanmu naik setelah banyak mengonsumsi karbohidrat dalam sehari, itu tidak sepenuhnya benar. Berat badanmu tidak bisa naik berkilo-kilo hanya setelah satu atau dua kali makan, tetapi untuk setiap gram karbohidrat yang kamu makan, tubuhmu akan menahan 3 sampai 4 gram air, yang pada akhirnya menyebabkan kembung. Jika kamu akrab dengan masalah ini, pilih roti gandum utuh dan nasi sebagai ganti roti putih dan pasta. Kedua makanan ini kaya serat yang membantu mengatasi peradangan dan wajah bengkak.

3. Tetaplah terhidrasi.

Minum cukup air sepanjang hari membantu mengurangi retensi cairan dan juga peluang kembung. Minum segelas air setelah makan membantu tubuh membuang natrium dan mendorongnya melepaskan kelebihan cairan. Minum air sebelum makan tidak hanya akan membantu mencegah bengkak wajah, tapi juga bisa mencegah kamu terlalu banyak makan.

4. Ganti es krim dengan yoghurt.

Meskipun banyak produk susu seperti susu dan keju bisa menyebabkan wajah bengkak, sebenarnya yoghurt bisa membantu mengatasi perut kembung. Secangkir yoghurt tanpa gula mengandung kultur aktif dan probiotik yang mengurangi gas dalam tubuh, sehingga akan membantu mengatasi pembengkakan wajah.

5. Basuh wajahmu dengan air dingin.

Membasuh air dingin pada wajah di pagi hari bisa mengurangi pembengkakan wajah. Air dingin menyempitkan pembuluh darah dan membantu meminimalisir pembengkakan. Kompres dingin juga merupakan solusi termudah dan paling cepat untuk kantong mata dan bengkak wajah keseluruhan. Tekan dengan lembut kain basah bersih di atas mata selama beberapa menit untuk menghilangkan bengkak di bawah mata.

Apa kamu pernah mengalami “sushi face”? Kamu tahu kiat-kiat lain untuk mengatasi bengkak wajah yang bisa kamu bagikan kepada pembaca Sisi Terang lain? Ayo beri tahu kami!

----
135
Bagikan Artikel Ini