Sisi Terang
Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Apa yang Terjadi pada Bibir Saat Terlalu Sering Memakai Lip Balm

----
181

Seorang perempuan di Amerika Serikat didenda 200 dolar (atau setara kurang lebih 2,8 juta rupiah) karena memakai lip balm (pelembab bibir) di lampu merah. Oh ya, kami menulis ini sambil memakai lip balm untuk kelima kalinya hari ini, padahal waktu belum menunjukkan pukul 10 pagi. Beberapa dari kita mungkin menggunakan lip balm setiap hari tanpa mengetahui bagaimana dampaknya saat menggunakannya secara berlebihan.

Sisi Terang membuat daftar efek terlalu sering memakai lip balm. Sebagai bonus, kami sudah menambahkan resep DIY menarik yang bisa kamu tiru dengan mudah di rumah.

1. Bibir akan menjadi semakin kering.

Menurut para dermatolog, lip balm mengandung bahan-bahan yang bisa membuat bibir iritasi dan mengalami eksfoliasi berlebihan. Bahan-bahan ini bisa berupa fenol, kamper, mentol, pewangi, perasa, asam salisilat, dan vitamin E. Misalnya, sebuah penelitian menyimpulkan bahwa 33 persen pasien mengalami dermatitis kontak dari vitamin E.

2. Area sekitar bibir bisa iritasi.

Para ahli mengatakan bahwa kita sebaiknya memakai lip balm tak lebih dari tiga kali sehari. Saat bangun tidur, setelah makan atau minum, dan sebelum tidur. Jika kamu terlalu sering memakai lip balm, kamu bisa mengalami iritasi, atau bintik-bintik kecil bisa muncul di sekitar area bibir.

3. Bibir mungkin akan menjadi malas.

Beberapa formula lip balm menciptakan batasan untuk mengunci kelembapan sehingga membuat bibir bekerja kurang efektif untuk menjaga tingkat hidrasinya.

4. Memakai lip balm bisa membuat ketagihan.

Beberapa orang mengatakan mereka ketagihan lip balm, tapi Direktur OCD Action, Joel Rose, mengatakan ini adalah hal yang mustahil. Kita tak bisa ketagihan lip balm. Namun, kita bisa saja ketagihan efek menenangkan yang kita dapat dari menggunakan lip balm.

Bonus: Resep lip balm berbahan dasar lanolin

Jika kamu ingin menemukan lip balm terbaik DAN menghemat uang, buat saja sendiri di rumah. Ikuti saja resep berbahan dasar lanolin yang bisa kamu dan teman-temanmu buat sendiri berikut ini. Yang kamu butuhkan hanyalah:

  • 1 sdm shea butter
  • 1,5 sdm minyak kelapa
  • 1 sdt madu
  • 1 sdm beeswax
  • 1 sdt lanolin
  • 5 tetes minyak esensial lavender (opsional)

Lelehkan minyak kelapa, beeswax, dan lanolin dalam mangkuk di atas sepanci air yang dipanaskan. Aduk perlahan sampai meleleh. Begitu meleleh, angkat. Tambahkan shea butter dan madu. Aduk sampai meleleh. Tambahkan minyak esensial lavender (ini opsional), lalu aduk kembali. Tuangkan hasilnya ke dalam wadah dan biarkan mengeras.

Langkah terakhir: Nikmati lip balm buatanmu sendiri!

Seberapa sering kamu menggunakan lip balm? Apa kamu menyadari tanda-tanda ketagihan lip balm?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
----
181
Bagikan Artikel Ini