Apa yang Terjadi pada Ususmu kalau Kamu Makan Alpukat Setiap Hari

Alpukat, bakteri, usus, dan penyakit. Kalau dilihat sekilas, keempat kata barusan seolah tidak ada hubungannya. Tapi nyatanya, keempat kata ini adalah formula yang sangat penting untuk tubuh yang sehat. Para ilmuwan sudah mampu mengukur manfaat makan alpukat setiap hari bagi usus dan apa yang mereka temukan mungkin membuatmu mau segera mengubah menu dietmu.

Sisi Terang siap menyampaikan informasi lebih mendetail tentang hubungan antara alpukat dan usus serta pengaruhnya terhadap kesehatanmu. Mari kita mulai dari yang dasar terlebih dulu.

Usus kita penuh bakteri.

Usus menampung bakteri dengan jumlah paling besar di tubuh kita. Bahkan, mungkin sampai 1.000 jenis bakteri berbeda. Tapi jangan cemas, kebanyakan di antaranya adalah bakteri baik yang bertugas mencegah perkembangan mikroba dan infeksi. Biasanya, jumlah bakteri baik dalam tubuh seseorang sampai 4 kali lebih banyak dibanding bakteri berbahaya. Dan para ilmuwan telah menemukan cara untuk memperbesar angka ini.

Bahan rahasia.

Alpukat ternyata punya banyak sekali manfaat. Penelitian terkini telah menemukan bahwa memakan buah ini setiap hari memberikan efek positif pada saluran pencernaan kita. Alpukat bukan cuma meningkatkan jumlah bakteri baik dan meningkatkan mikrobiota usus, tapi juga mengurangi asam empedu dan meningkatkan asam lemak dan asetat.

Apa gunanya bagi kesehatan kita?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alpukat harian dapat meningkatkan keragaman mikrobiota di dalam usus. Pada akhirnya, semua ini meningkatkan imunitas dan membantumu menghindari banyak penyakit serius seperti kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Konsumsi rutin alpukat juga membantumu menghindari ketidakseimbangan dan iritasi usus.

Berapa banyak alpukat yang kita butuhkan?

Kamu tidak perlu mengonsumsi satu alpukat utuh setiap hari. Para wanita bisa mencoba 140 gram, sementara pria bisa makan sedikit lebih banyak — yaitu di angka 175 gram. Tambahkan porsi ini ke salah satu menu makanmu dalam sehari. Perlu diingat, alpukat saja takkan cukup untuk membawa perubahan drastis ke usus. Jangan lupa pastikan dietmu seimbang dan tidak lupa untuk tetap aktif berolahraga.

Seberapa sering kamu makan alpukat? Apa kamu punya tips untuk usus sehat lainnya? Kamu bisa menulisnya di kolom komentar, ya.

Bagikan Artikel Ini