Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Apa yang Terjadi Saat Lalat Hinggap di Makanan

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan saat melihat lalat hinggap di makananmu. Misalnya, kamu bisa langsung membuang makan siangmu yang enak. Tapi ada sebagian orang yang ingin terus makan seperti tak terjadi apa-apa karena “itu hanya lalat”. Sebenarnya, lalat bisa membawa masalah ke makananmu. Sebaiknya kamu tahu tentang itu daripada tidak mengacuhkannya.

Untuk membantumu memahami apa yang terjadi begitu lalat menyentuh makananmu, Sisi Terang melakukan penelitian dan menyiapkan artikel ini untukmu.

Lalat dikenal bisa mencemari makananmu dengan makanan terakhir yang ia hinggapi. Tapi sepertinya dampak yang disebabkan hewan kecil ini jauh lebih besar daripada ukurannya dan jauh lebih rumit daripada yang kamu kira.

1. Lalat bisa muntah di makananmu.

Ini yang perlu kamu tahu: lalat makan dengan mengisap cairan lewat mulutnya yang berbentuk tabung. Bentuk mulutnya adalah alasan ia harus mengubah makanan menjadi cairan. Untuk melakukan ini, ia memuntahi makananmu dengan air liurnya, yang bisa mengandung apa pun makanan ia sebelumnya (misalnya, daging busuk atau feses).

2. Ia bisa bertelur di makananmu.

Makanan sisa yang kamu simpan bisa menjadi sarang sempurna lalat untuk bertelur. Setelah beberapa saat, telur itu akan tumbuh menjadi bayi lalat (belatung atau larva) yang bisa meracunimu dengan bakteri. Jadi, jangan lupa tutup makananmu jika kamu akan meninggalkannya.

3. Kaki dan sayapnya bisa menjadi sarang bakteri.

Kita sudah tahu lalat dipenuhi bakteri di dalam tubuhnya. Tapi apakah kamu tahu jumlah terbesar mikrob yang bisa ditemukan di luar tubuhnya? Menurut Nanyang Technological University, “tiap ratusan langkah yang lalat tempuh meninggalkan jejak satu koloni mikrob.” Artinya apa pun yang ia sentuh bisa tercemar parah juga.

4. Ia bisa membawa lebih dari 60 penyakit.

Lalat rumah bisa membawa setidaknya 65 penyakit ke manusia hanya dengan hinggap di sampah dan makanan. Itu termasuk disentri, diare, kolera, dan bahkan kusta. Bukan hanya manusia yang bisa mengalami itu, lalat bisa menulari hewan lain juga, seperti ayam atau babi.

Apa yang kamu lakukan sebelumnya saat lalat mendekati makananmu? Apa kamu akan mengubah kebiasaanmu mulai sekarang? Apa tindakanmu untuk menyelamatkan makanan dari lalat?

Bagikan Artikel Ini