Arti Dibalik Hidung yang Terasa Dingin

Kita mungkin mengira hidung yang dingin hanyalah gejala radang dingin. Namun, tidak selalu begitu, karena mengalaminya di lingkungan yang hangat juga mungkin terjadi. Ketika kamu merasakannya, mungkin itu pertanda bahwa tubuhmu memerlukan perhatian lebih.

Hal ini membuat kami di Sisi Terang penasaran, sehingga kami mencari alasan lain kenapa kita bisa merasa hidung kita dingin karena cuaca.

1. Ini mungkin pertanda aliran darahmu ke hidung kurang.

Ketika kita lama berada di ruangan dengan suhu yang rendah, tubuh mencoba menyimpan hawa panas dengan mengurangi aliran darah dari ujung tubuh dan mengalihkannya ke organ vital di dalam tubuh. Kita mungkin juga sadar bahwa hidung kita akan menjadi fitur pertama yang menjadi dingin karena bagian tubuh ini tidak memiliki banyak lemak. Menyeruput secangkir minuman panas, seperti teh atau kopi, bisa membantu menghangatkannya.

2. Kamu bekerja terlalu keras.

Sebuah studi di University of Nottingham menemukan kaitan antara suhu tubuh kita dan jumlah tekanan dalam otak kita. Selama penelitian, makin partisipan fokus pada tugas yang diberikan, makin dingin pula wajahnya, khususnya di area hidung. Jika kamu juga merasa seperti ini saat bekerja, mungkin kamu perlu istirahat sebentar sebelum kembali beraktivitas.

3. Kamu sangat tertekan secara emosional.

Tekanan emosional bisa menjadi pemicu fenomena Raynaud, yang menyebabkan pembuluh darah di ujung tubuh menyempit secara drastis dalam waktu yang singkat. Hasilnya adalah rasa dingin dan mati rasa di area tertentu, seperti hidung, dan ini tetap terasa di area tubuh mana saja selama beberapa menit hingga beberapa jam. Fenomena Raynaud lebih umum terjadi pada wanita yang tinggal di daerah beriklim dingin.

4. Hormonmu tidak seimbang.

Ketika kamu tidak memproduksi hormon tiroid yang cukup, metabolisme tubuhmu bisa melambat. Metabolisme yang lambat akan membuat tubuhmu menahan panas dan energi, dan bisa menyebabkan berkurangnya panas di ujung tubuh, seperti hidungmu.

Kenal seseorang yang menderita hidung dingin? Atau kamu sendiri pernah mengalaminya? Hal apa yang kamu lakukan untuk menghangatkan hidung saat menjadi terlalu dingin?

Bagikan Artikel Ini