Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Bagaimana Makan Nasi Membantu Orang Jepang Panjang Umur

----
321

Dahulu kala, rakyat biasa di Jepang tidak bisa makan nasi dalam jumlah besar, karena sebagian besar produksi beras diperuntukkan bagi kalangan bangsawan, dan para petani Jepang bahkan menggunakannya untuk membayar pajak. Zaman sekarang, kita tidak bisa membayangkan makanan Jepang tanpa mi dari beras, sushi, atau beras ketan dengan telur mata sapi. Selain itu, biji-bijian lezat serta bergizi ini juga punya tempat khusus di rak dapur kita. Faktanya, nasi bukan sekadar hidangan tambahan atau pelengkap, sepiring nasi yang sehat bisa memberikan banyak manfaat mengejutkan bagi tubuhmu.

Kami di Sisi Terang percaya ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari orang Jepang. Ternyata, menambahkan sedikit nasi ke dalam menu sehari-hari adalah cara termudah dan terlezat untuk mendapatkan manfaat kesehatan pada tubuh.

1. Membantumu menurunkan berat badan

Jika kamu sudah berusaha menurunkan berat badan sejak lama, mungkin dokter juga menganjurkan makan nasi. Nasi bisa menjadi tambahan bagus bagi menu dietmu guna menurunkan berat badan, karena rendah lemak dan natrium serta tinggi serat. Berat badan orang yang makan nasi cokelat telah terbukti lebih rendah, dan peluang mereka mengalami kenaikan berat badan juga lebih kecil. Tapi sayang, nasi putih mungkin kurang efektif untuk menurunkan berat badan.

2. Membantumu tampil awet muda

Wanita Jepang memakai air beras untuk menjaga kulit mereka tetap halus dan awet muda. Ternyata, makan nasi dengan teratur juga bisa membuatmu tampil awet muda. Nasi mengandung banyak antioksidan yang bisa melindungi sel-sel kulitmu dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan bahkan bisa menghaluskan keriput yang sudah ada.

3. Menjaga kesehatan jantung

Makan nasi secara teratur adalah cara alami dan lezat untuk menjaga kesehatan jantungmu. Ini karena nasi merupakan bahan antiradang alami yang bisa mencegah terbentuknya plak dalam pembuluh darah dan menurunkan risiko gangguan jantung tertentu, seperti serangan jantung atau stroke. Nasi juga kaya akan flavonoid yang telah terbukti bisa melawan berbagai penyakit jantung.

4. Menjaga kadar gula dalam darah

Makan nasi baik untuk melawan tingginya kadar gula darah. Tapi lebih baik memilih nasi cokelat, sebab memiliki kandungan serat yang 3 kali lebih banyak dan lebih kaya akan protein. Dengan memilih nasi cokelat dibanding nasi putih, kamu bisa merasa lebih kenyang, dan ternyata mengonsumsi 200 gram nasi cokelat sehari bisa membantumu memperoleh kadar gula darah yang sehat.

5. Membantu proses pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam nasi juga bisa mengurangi sembelit dan membantu kerja sistem pencernaanmu. Karena berfungsi sebagai peluruh seni alami, nasi bisa membantu membersihkan tubuhmu dan membuang toksin dari dalam sistem pencernaan yang juga bermanfaat bagi ginjalmu.

6. Menjaga kesehatan sistem saraf

Jika kamu makan nasi dengan teratur, sistem sarafmu akan memperoleh manfaat juga. Sistem saraf tubuh kita butuh berbagai vitamin B agar tetap sehat, dan karena mengandung berbagai jenis vitamin B, nasi juga bisa membantu mengatur proses biologis dari sistem saraf.

7. Meningkatkan energi

Jika kamu terbiasa minum minuman energi untuk menyelesaikan latihan olahragamu, hentikan, sebab nasi adalah salah satu cara paling sehat untuk meningkatkan energimu. Tubuh kita butuh karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Karena kaya akan karbohidrat sehat, nasi bisa membantu saat kamu merasa letih dan lesu.

Kamu lebih suka nasi putih atau nasi cokelat?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
----
321
Bagikan Artikel Ini