Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Bangun Tidur Langsung Minum Kopi? Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu

1---
173

Sekelompok peneliti dari Universitas Nevada-Reno menemukan bahwa ampas kopi dapat digunakan sebagai biodiesel, dan sangat mungkin dalam waktu dekat, bau asap mobilmu akan mirip secangkir kapucino yang baru diseduh. Tapi secangkir kopi pertama yang menjadi penggerak kebanyakan kita di pagi hari itu, mungkin bukan cara terbaik untuk memulai hari. Faktanya, para dokter percaya bahwa waktu terbaik untuk menikmati secangkir kopi adalah pertengahan sampai akhir pagi, antara pukul 09.30 sampai 11.30.

Kami di Sisi Terang biasanya menanti kopi pertama di pagi hari. Efek yang bisa dirasakan oleh tubuh jika kamu meminumnya saat perut kosong bisa benar-benar membangunkan.

1. Kamu mungkin merasa lebih mengantuk.

Kopi adalah minuman yang membuat kebanyakan kita terjaga, tapi meminumnya begitu kamu bangkit dari tempat tidur justru bisa berdampak sebaliknya. Kafeina melipatgandakan tingkat hormon stres dan bisa menyebabkan gangguan tidur yang menimbulkan kelelahan. Jika harimu dimulai dengan secangkir kapucino bergula, mungkin kamu akan mengantuk lagi setelah beberapa saat. Ini terjadi karena tubuh kita memproduksi insulin untuk mengimbangi gula, yang membuat level gula darahmu turun dan mengakibatkan kekurangan energi serta kecemasan.

2. Tubuhmu akan lebih cepat kehilangan berbagai mineral penting.

Minum seporsi kopi dengan teratur di pagi hari bisa menyebabkan tubuhmu kehilangan banyak vitamin dan mineral penting. Ini bisa menghambat penyerapan zat besi, magnesium, dan berbagai vitamin B, yang sangat penting bagi sistem saraf kita. Terlalu banyak kafein juga meluruhkan kalsium dari tulang, sehingga membuat tulangmu lemah dan rapuh.

3. Bisa membuatmu sakit perut.

Meskipun minuman kesukaanmu ini membantumu bangun di pagi hari, kopi juga bisa mendorongmu lebih sering ke kamar mandi. Faktanya, beberapa ahli medis bahkan menyarankan minum kopi sebagai persiapan untuk pemeriksaan tertentu. Kopi mengaktifkan sistem saraf kita, yang pada gilirannya berdampak pada usus besar dan bisa menyebabkan diare. Banyak orang juga suka menambahkan susu atau krim ke dalam kopi pagi mereka, dan karena sebagian besar dari kita sulit mencerna laktosa, ini juga bisa menyebabkan perut tidak nyaman.

4. Bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Meskipun membantu membakar lemak, kopi hitam juga bisa mengganggu pola tidur sehatmu. Saat tidak cukup tidur, kamu cenderung merasa lebih lapar dan lebih menginginkan camilan manis. Banyak produk minuman kopi, seperti racikan kopi manis yang populer, tinggi gula serta kalori dan ini bisa menyebabkan berat badanmu naik beberapa kilo.

5. Bisa memperparah kecemasan.

Saat bangun di pagi hari, hormon stresmu biasanya berada di tingkat tertinggi. Karena bersifat stimulan, kafeina membuat tubuhmu gelisah dan bahkan memicu terjadinya kecemasan bagi sebagian orang.

6. Bisa membuat kulitmu kering.

Karena kopi membuatmu lebih sering ke kamar kecil, hal ini membuat tubuh mengalami dehidrasi. Saat mengalami dehidrasi, toksin lebih sulit keluar dari tubuhmu melalui kulit. Pada gilirannya, ini akan membuat kulit kering dan lebih rentan terhadap berbagai masalah, seperti keriput dini.

7. Bisa menaikkan kadar gula darahmu.

Secangkir kopimu di pagi hari membuat sel-sel tubuh lebih sulit mengatur gula darah, yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. Pada gilirannya, kadar gula darah tinggi bisa menyebabkan naiknya berat badan dan bahkan meningkatkan risiko infeksi kulit.

Kapan biasanya kamu minum secangkir kopi pertamamu? Apa kamu melihat munculnya salah satu efek samping di atas?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
1---
173
Bagikan Artikel Ini