Berdasarkan Sains, Ini 5 Alasan Kamu Sebaiknya Tidak Menahan Kentut

Rata-rata, satu orang kentut 15 kali sehari dan bisa bertambah hingga 40 kali! Kentut disebabkan oleh udara yang terjebak dan gas dalam tubuh. Walau prosesnya terbilang normal, tapi terkadang suaranya sangat nyaring dan memalukan. Itulah alasan sebagian besar dari kita mencoba menahannya. Namun, melakukan hal ini mungkin bukan ide yang bagus.

Menahan kentut bisa menyebabkan beberapa masalah besar. Sisi Terang punya daftar beberapa masalah yang disebabkan oleh menahan kentut untuk dibagikan kepada para pembaca. Di akhir artikel, kamu akan menemukan bonus berisi trik untuk mencegah kentut yang bau.

1. Tubuh bisa menyerapnya kembali.

Saat kamu memaksa tubuh menahan kentut, tubuh terpaksa menyerapnya kembali. Kentut akan berputar lagi dan juga bisa keluar lewat napas atau sebagai serdawa.

2. Menahan kentut bisa menyebabkan nyeri dan mag.

Saat otot berkontraksi untuk menahan kentut, tekanan di dalam tubuh berkumpul dan bisa menyebabkan nyeri, gangguan pencernaan, dan mag. Jika terlalu sering, hal ini juga bisa menyebabkan pembengkakan di saluran pencernaan.

3. Menahan kentut juga memengaruhi kesehatan ususmu.

Kentut menghilangkan tekanan dalam tubuh. Ini bagus untuk usus besar, dan menahan kentut bisa melukai usus juga memicu wasir.

4. Kamu akan selalu merasa kembung.

Masih menjadi perdebatan apakah menahan kentut membuatmu merasa kembung atau tidak, tapi menahannya bisa membuatmu cemas dan memberimu kesan seperti perutmu sedang kembung.

5. Kentut bisa menunjukkan masalah serius.

Kentut benar-benar normal dan sehat, tapi pola dan baunya sebenarnya bisa menunjukkan kemungkinan adanya masalah kesehatan, seperti intoleransi makanan dan masalah pencernaan. Kentut yang sangat bau juga bisa menandakan kandungan belerang yang tinggi dalam tubuh. Jika kentutmu terasa sakit atau tidak seperti biasanya, sebaiknya hubungi dokter.

Bonus: Trik untuk menghindari kentut yang bau dan nyaring

  • Hindari minum minuman bersoda karena minuman ini menghasilkan lebih banyak gas di dalam tubuh.
  • Makanlah dalam porsi yang lebih kecil dan kunyah pelan-pelan.
  • Konsumsi makanan seperti pisang, kentang, sereal, dan gandum secara teratur untuk mencegah kentut yang berbau tidak sedap.

Kamu pernah berada dalam situasi yang membuatmu harus menahan kentut? Bagikan ceritamu dengan kami di kolom komentar!

Bagikan Artikel Ini