Cara Menghitung Kebutuhan Air yang Harus Kamu Minum Setiap Hari

Setiap tahun, manusia minum lebih dari 4 triliun meter kubik air. Mungkin kamu sudah pernah dengar bahwa kamu sendiri harus minum 8 gelas air per hari agar semua proses dalam tubuhmu berfungsi dengan baik. Tetapi, jumlah itu tidak sepenuhnya benar. Dalam artikel ini, akan kami jelaskan bagaimana yang seharusnya.

Kami di Sisi Terang ingin membagikan rumusnya kepadamu. Ini akan membantumu mengetahui berapa banyak air yang harus kamu minum setiap hari.

Bagaimana terbentuknya mitos tentang standar “8 gelas air sehari”.

Semua organ kita terdiri dari air—sebagai contoh, 73% jantung dan otak adalah air, sementara 83% paru-paru adalah air. Ide bahwa seseorang harus minum 8 gelas air per hari untuk menjaga organ-organ itu serta seluruh tubuh tetap terhidrasi sudah cukup populer.

Tetapi, jumlah 8 gelas yang begitu sering kita dengar ini bukanlah aturan, melainkan anjuran rata-rata. Kemungkinan angka itu menjadi populer karena tampaknya merupakan nilai tengah yang pas bagi semua orang. Faktanya, tubuhmu bisa membutuhkan lebih banyak atau kurang dari itu.

Faktor- faktor yang memengaruhi jumlah air yang kamu butuhkan.

  • Jenis kelamin dan usia: Di usia yang berbeda, tubuh kita mengandung jumlah air yang berbeda. Sehingga butuh jumlah air yang berbeda untuk tetap terhidrasi. Kandungan air dalam tubuh juga berbeda untuk laki-laki dan perempuan.
  • Berat badan: Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang indeks massa tubuhnya lebih tinggi, lebih mungkin untuk tetap terhidrasi. Di samping menjaga tubuh cukup terhidrasi, air juga bantu menurunkan berat badan.
  • Lingkungan: Jika tinggal di lingkungan bercuaca panas, kamu jelas butuh lebih banyak air. Sedangkan jika kamu tinggal di dekat laut, di mana kelembapan lebih tinggi, organ-organmu akan membutuhkan lebih sedikit air.
  • Olahraga: Jika kamu adalah atlet atau sekadar berolahraga secara teratur, kamu akan lebih banyak berkeringat daripada orang yang pekerjaannya hanya duduk di mejanya. Karena itu, kamu harus mengganti cairan tubuh yang hilang.

Kita juga tidak boleh lupa kondisi khusus seperti:

  • Hamil dan menyusui: Penelitian menganjurkan bahwa selama kehamilan, wanita harus minum lebih banyak air dibanding biasanya.
  • Kondisi kesehatan secara menyeluruh: Hal-hal seperti demam atau diare membuat tubuh lebih cepat kehilangan cairan daripada biasanya. Penting untuk minum air putih guna mencegah dehidrasi.

Cara menghitung jumlah air yang kamu butuhkan

Ada sebuah formula yang bisa membantumu menghitung jumlah air yang dibutuhkan tubuhmu:

  • Jumah air dalam satuan liter yang harus kamu minum per hari setara dengan berat badanmu dalam kilogram dikalikan 0,033.

Setelah menghitung jumlah itu, kamu bisa menyusun jadwal yang akan membantumu mengingat sejumlah air yang kamu butuhkan. Misalnya, lebih baik memulai harimu dengan 1-2 gelas air saat perut masih kosong. Air di pagi hari bantu meningkatkan energi dan mempercepat metabolismemu, sehingga akan membantumu tetap sehat dan ceria sepanjang hari.

Catatan: Seperti yang disebutkan di atas, data ini bisa dipengaruhi berbagai kondisi, jadi penting untuk memperhatikan sinyal yang diberikan tubuhmu.

Produk-produk yang bisa menggantikan air.

Meskipun para ahli menganjurkan minum air putih untuk mendapatkan semua cairan yang kamu butuhkan, sebagian orang tidak bisa minum air sebanyak itu di siang hari.

Orang-orang bisa mengganti sebagian asupan airnya dengan berbagai buah dan sayuran yang mengandung banyak air. Lebih dari 80% kandungan buah semangka, jeruk, dan timun adalah air. Berbagai sup serta minuman seperti kopi atau teh juga bisa menggantikan beberapa gelas air.

Apa kamu tahu jumlah air yang kamu butuhkan setiap harinya? Apa minum teratur adalah bagian dari rutinitasmu? Beri tahu kami di kolom komentar, ya.

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com, Pixabay.com
Bagikan Artikel Ini