Sisi Terang
Sisi Terang

Dampak Tidur sambil Menjepit Bantal di Lutut terhadap Tubuhmu

Tidur mungkin menjadi salah satu hal yang paling kita nantikan di pengujung hari. Meskipun tidur adalah kebutuhan psikologis dan kita melakukannya setiap hari, ada saja kebiasaan buruk yang bisa memengaruhi istirahat dan postur kita saat kita terbuai dalam alam mimpi.

Sisi Terang suka memberimu tips untuk memperbaiki kualitas hidupmu. Itu sebabnya kami akan menginformasikan apa dampak menambah bantal terhadap tidurmu.

1. Membantu memperbaiki postur tubuh

Beberapa posisi tidur lebih baik untuk tulang belakang daripada posisi lainnya. Jadi, cara kita mengatur posisi tubuh sangat penting. Penelitian menunjukkan jika kita berbaring di kasur dengan tidak simetris, ini bisa membahayakan struktur tulang belakang kita. Untuk alasan ini, sebaiknya tidur dengan menjepit bantal di antara lutut saat kita tidur dalam posisi janin karena ini akan membantu kita beristirahat dalam posisi yang simetris.

2. Mencegah skiatika dan sakit punggung bawah

Banyak orang menderita sakit punggung parah. Tapi menaruh bantal di antara kaki bisa membantu meluruskan panggul dan pinggul, mengurangi tekanan, dan rasa tidak nyaman di area ini yang sebagian besar disebabkan oleh penyebaran berat badan yang buruk pada tubuh saat tidur.

3. Membuat tidur saat hamil menjadi lebih nyaman

Entah kamu lebih suka berbaring ke samping kanan atau kiri, para ahli merekomendasikan tidur menyamping saat masa kehamilan, dan menggunakan bantal bisa sangat membantu menyebarkan berat badan serta mengurangi ketegangan di punggung sehingga tulang belakang berada dalam posisi netral. Di pasaran, ada bantal dengan model yang dirancang khusus untuk ini, yaitu yang berbentuk C dan U agar sesuai dengan tubuh.

Letakkan bantal dengan benar.

  • Berbaring dalam posisi janin pada saat tidur.
  • Hindari celah antara pinggang dan kasur saat berbaring.
  • Letakkan bantal di atas paha agar pinggul lurus.
  • Kalau kamu suka tidur dengan bagian atas lutut agak ke depan, coba gunakan dua bantal.

    Ingat kalau kamu tidak nyaman, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Kamu juga bisa menaruhnya di bawah kaki.

Kalau kamu lebih suka tidur telentang, kamu juga bisa menggunakan bantal untuk menopang tulang belakang saat kamu tidur. Ini juga akan membantu mengurangi sakit punggung. Bahkan jika kamu merasakan sakit di kedua sisi, posisi ini mungkin lebih baik untuk tidur daripada menyamping karena menjaga punggung dalam postur netral.

Kamu juga bisa menggunakan handuk atau bantal kecil untuk menopang pinggang agar tubuhmu lurus, berat badan tersebar merata, dan mencegahmu bergerak atau berguling di kasur saat kamu tidur.

Bagaimana posisi tidurmu? Apa menurutmu kamu bisa istirahat lebih baik jika mengubah posisi tidurmu?

Kredit foto pratinjau Depositphotos.com
Sisi Terang/Kesehatan/Dampak Tidur sambil Menjepit Bantal di Lutut terhadap Tubuhmu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya