Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Dokter Gigi Mengungkap 10 Cara Sederhana untuk Mencegah Kerusakan Gigi, dan Kita Pantas Berterima Kasih

2-1-
294

Kita hanya punya dua set gigi, sehingga kita harus merawatnya baik-baik jika tidak ingin kehilangan gigi-gigi kita. Para dokter gigi telah mengungkap banyak cara sederhana yang bisa sangat membantu memperbaiki kondisi gigi, bahkan mencegah kerusakannya. Sesuatu yang sederhana seperti mengubah bahan makananmu, bisa mendatangkan perbedaan besar.

Sisi Terang telah mengumpulkan tips-tips yang dapat menyelamatkan gigimu dari kerusakan!

1. Cobalah teknik oil drawing.

Oil drawing, atau oil pulling, adalah teknik pembersihan yang mencegah berkembangnya gigi berlubang atau karies dengan menarik keluar bakterinya. Pilih minyak yang memiliki properti antiseptik dan antibakteri, seperti minyak wijen atau minyak kelapa, dan gunakan untuk berkumur sampai 20 menit. Setelah melakukannya, bilas mulut dengan air.

2. Jangan berlebihan dalam mengonsumsi gula.

Mari kita bahas dengan cepat. Terlalu banyak gula bisa merusak gigimu. Bukan saja gula yang kamu temukan dalam kue-kue atau permen, tapi juga meliputi gula yang terdapat dalam roti, kacang-kacangan, buah-buahan, dan kentang. Karena itu, cobalah menghindari konsumsi berlebihan makanan yang terlalu manis. Jika secara teratur kamu suka menikmati soda atau permen karet, cobalah alternatif bebas gulanya untuk membantumu melepaskan diri dari gula.

3. Gosok gigimu dua kali sehari.

Kamu mungkin ingin menggosok gigi pagi-pagi benar sebagai bagian dari rutinitas pagimu, tapi itu saja belum cukup. Menggosok gigi di malam hari juga penting, karena menghilangkan timbunan plak dan bakteri yang menyebabkan kerusakan dan penyakit gigi lainnya. Tapi terkait dengan itu, jangan lupakan juga menggosok gigi di pagi harinya.

4. Gosok lidahmu.

Gigi dan gusi bukanlah satu-satunya tempat bakteri bersarang, lidahmu juga. Karena itu menggosok lidahmu juga penting artinya dan kamu bisa berinvestasi dengan membeli pembersih lidah yang berkualitas.

5. Perhatikan hal-hal yang terperinci.

Jika menyangkut kesehatan mulut, usahakan untuk selalu memperhatikan hal-hal yang terperinci. Jika gusimu tampak agak merah, jika air ludahmu agak merah, atau bahkan jika kamu mengalami sedikit saja rasa sakit di mulut, hubungi dokter gigimu. Ini semua adalah cara tubuh kita memberitahukan bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

6. Cobalah minum teh hijau atau hitam.

Teh hijau atau hitam sebetulnya bisa membantu gigimu. Tanaman Cameilla sinensis yang ditemukan dalam teh telah terkenal bisa membantu melindungimu dari gigi berlubang. Dikabarkan bahwa trik ini bahkan bisa membantu setelah makan permen.

7. Jangan menggosok gigi berlebihan.

Segala sesuatunya kalau dilakukan dengan berlebihan justru hasilnya tidak baik. Termasuk menggosok gigi. Menggosok gigi berlebihan, bahkan lebih dari dua kali sehari, bisa membuat lapisan email gigi aus. Dan menggosok gigi terlalu keras juga bisa menimbulkan hal yang sama. Satu tips bermanfaat adalah gosoklah gigi seperti kamu menggosok cangkang telur. Jika terlalu kuat, akan membuatnya retak.

8. Konsumsi makanan yang membantu meningkatkan kesehatan gigi.

Ada makanan yang bisa mencegah gigi berlubang. Kebanyakan produk susu, termasuk keju telah diketahui bisa menurunkan plak dan bahkan memperkeras kembali email gigi. Apel, meski asam dan penuh gula, tapi punya satu kelebihan: makan apel bisa meningkatkan produksi air liur yang akan menurunkan jumlah bakteri.

9. Ingat untuk membersihkan gigi dengan benang gigi.

Menggosok gigimu saja tidak cukup. Bakteri dan serpihan makanan bisa menyebabkan gigi berlubang. Membersihkan gigi secara teratur dengan benang gigi dapat mencegah hal-hal kecil ini menimbulkan kerusakan nyata. Aktivitas ini mencegah terbentuknya karang gigi, penyakit gusi, napas berbau, dan lebih efektif dibanding hanya menggosok gigi saja.

10. Kunjungi dokter gigimu dua kali setahun.

Dokter gigimu sangat ahli dalam perawatan gigi sehingga akan tahu jika ada masalah sebelum terlambat. Di samping itu, karena dokter gigi membersihkan gigi secara teratur, otomatis mereka sudah melakukan pencegahan munculnya masalah yang lebih serius. Dokter gigi harus dikunjungi dua kali setahun untuk menjaga kesehatan mulut.

Beberapa tips sederhana bisa menyelamatkanmu dari rasa sakit di dokter gigi. Apa kamu punya tips rahasia yang bisa mempermanis senyummu? Beri tahu kami di kolom komentar, ya!

Kredit foto pratinjau grace.notes_ / Instagram
2-1-
294
Bagikan Artikel Ini