Sisi Terang
Sisi Terang

Enggak Banyak yang Tahu, Ini Dia 6 Manfaat Makan Buah-buahan Favorit Kita

Meskipun sadar kalau buah kaya akan vitamin dan mineral, kita sering melewatkan manfaat kesehatan buah-buahan dengan tidak memasukkannya ke dalam menu makanan kita. Menurut penelitian, setiap tambahan porsi buah yang dikonsumsi tiap hari akan menurunkan risiko sakit jantung hingga 7%. Lebih dari itu, ada buah-buahan tertentu yang bisa mencegah dan mengurangi gejala dari kondisi kesehatan tertentu. Nah, berikut ini manfaat dari beberapa buah favorit kita yang belum banyak diketahui.

1. Buah ceri bisa mencegah nyeri sendi.

Dietmu bisa berpengaruh terhadap kekuatan tulang dan persendianmu. Jadi, jika kamu menderita nyeri sendi, buah yang perlu kamu pertimbangkan untuk ditambahkan ke dalam dietmu adalah ceri. Buah merah lezat ini mengandung senyawa bernama antosianin yang bisa mengurangi peradangan. Selain itu, beberapa studi mengaitkan jus buah ceri segar dengan berkurangnya serangan asam urat.

2. Semangka bisa mengurangi kram.

Semangka adalah camilan pralatihan dan pascalatihan enak serta terjangkau untuk saat berolahraga di gym. Kandungan air, antioksidan, dan asam amino yang tinggi dalam semangka bisa menghasilkan latihan yang lebih efektif. Selain itu, buah ini mengandung kalium, yang bisa mengurangi kram selama sesi latihan yang intens.

3. Alpukat bisa melindungi kulit.

Jika kamu penggemar alpukat, mungkin kamu akan tertarik untuk tahu bahwa alpukat bisa menunda proses penuaan. Para peneliti telah menemukan bahwa alpukat mengandung senyawa yang melindungi kulitmu dari kerusakan akibat paparan matahari, yang diketahui bisa menyebabkan keriput serta berbagai indikator penuaan lain.

4. Pisang bisa mencegah batu ginjal.

Pisang, yang tinggi kadar kaliumnya, sangat bagus untuk mencegah batu ginjal. Selain itu, pisang kaya akan vitamin B6 yang bisa membantu lever dan ginjalmu membuang bahan kimia yang tidak diinginkan, serta magnesium yang mencegah pertumbuhan kristal-kristal kalsium oksalat.

5. Bluberi bisa meningkatkan kesehatan otak.

Sering diberi label sebagai superfood, bluberi memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk manfaat khusus bagi otak. Buah manis ini kaya akan antioksidan, yang berarti memiliki efek antiradang dan antioksidan serta bisa meningkatkan daya ingat.

6. Apel bisa bantu mengatasi sembelit maupun diare.

Apel adalah salah satu buah terbaik jika kamu ingin mengobati sembelit. Apel sangat tinggi serat, yang bisa bantu melegakan konstipasi pada banyak orang. Serat sangat penting untuk bisa buang air besar secara teratur. Buah ini juga bisa bantu mengatasi masalah kesehatan lain, termasuk diare.

Buah apa yang bisa kamu makan setiap hari selama sisa hidupmu tanpa merasa bosan?

Sisi Terang/Kesehatan/Enggak Banyak yang Tahu, Ini Dia 6 Manfaat Makan Buah-buahan Favorit Kita
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya