Hal-Hal Ini akan Terjadi di Kulitmu Jika Kamu Berhenti Total Minum Kopi

Kafein diketahui bermanfaat bagi kulit dan merupakan bahan penting dalam banyak produk perawatan kulit. Tapi secangkir kopi bisa memberikan berbagai mikromineral penting dari dalam, dan mereka bisa memberikan banyak dampak mengejutkan terhadap penampilanmu. Kebanyakan dari kita pernah berpikir untuk berhenti minum kopi pada titik kehidupan tertentu. Tapi ternyata kulitmu tidak akan berterima kasih apabila kamu menghentikan kopi sama sekali.

Kami di Sisi Terang melakukan penyelidikan untuk mencari tahu dampak berhenti minum kopi terhadap kulitmu.

1. Bisa muncul lebih banyak jerawat di wajahmu.

Kopi mengandung antioksidan dan sifat antiradang ampuh yang bermanfaat bagi kulitmu. Minum kopi secara teratur bisa membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan jerawat di wajah, begitu menurut sebuah penelitian. Kopi juga bisa mengurangi hiperpigmentasi kulit yang ada kaitannya dengan peradangan.

2. Akan lebih sulit melawan selulit.

Antioksidan dalam kopi juga membantu mengurangi penampilan kulit yang menyerupai “kulit jeruk.” Kafein menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit melebar, yang meningkatkan aliran darah secara menyeluruh. Hasilnya, hal ini bisa mengurangi munculnya selulit.

3. Mungkin kamu mengalami lebih banyak pigmentasi.

Secangkir kopi bisa membantu melindungi kulitmu dari penuaan karena terlalu banyak terpapar sinar matahari. Banyak mikromineral dalam kopi seperti asam klorogenat, bisa mambantu mengurangi munculnya bintik-bintik pigmentasi.

4. Melawan rosasea menjadi lebih sulit.

Rosasea adalah kondisi kulit sangat umum yang menjangkiti lebih dari 14 juta orang di Amerika Serikat. Rosasea mungkin terlihat seperti benjolan mirip jerawat kecil, yang sebetulnya adalah pembuluh darah kecil yang berada di bawah permukaan kulit. Menurut penelitian, minum beberapa cangkir kopi sehari bisa mencegah rosasea. Bahkan minum satu atau 2 cangkir saja sehari bisa membantu melindungi kulit dari rosasea.

5. Akan lebih sulit mengatasi mata panda.

Kopi bisa juga membantumu melupakan lingkaran hitam membandel di bawah matamu. Kafein berdampak terhadap pembuluh darah yang berkontribusi terhadap lingkaran hitam, sehingga terlihat samar.

6. Kulitmu bisa lebih cepat menua.

Meskipun benar bahwa minum terlalu banyak kopi bisa membuat kulitmu mengalami dehidrasi, tapi kopi juga bisa melindungi dari kerusakan karena sinar matahari. Sekelompok peneliti melakukan survei terhadap lebih dari 100 wanita, dan mereka menemukan bahwa para peminum kopi mempunyai peluang lebih sedikit mengalami flek hitam di wajah.

Berapa cangkir kopi yang kamu minum dalam sehari? Apa kamu melihat bagaimana dampaknya terhadap kulitmu?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Bagikan Artikel Ini