Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Hal yang Mungkin Terjadi pada Tubuhmu jika Mulai Tidur Tanpa Bantal

----
957

Bantal pertama yang kita tahu sudah ada sejak masa Mesopotamia Kuno. Bantal ini terbuat dari batu, dan hanya orang kaya yang mampu membelinya. Tidak seperti bantal kuno, bantal yang kita gunakan di masa kini lembut dan halus, dan banyak orang tidak bisa tidur tanpa memeluk bantal besar yang nyaman. Tapi ternyata, tidur menggunakan bantal mungkin bukan cara terbaik untuk istirahat, karena dapat memengaruhi tubuh dan suasana hati.

Kami di Sisi Terang mengerti bahwa terpisah dari bantal favoritmu adalah hal yang sulit, tetapi tidur tanpa bantal memiliki banyak manfaat kesehatan, dan kami melakukan penelitian sendiri untuk membagikan beberapa di antaranya kepadamu.

1. Mencegah sakit punggung.

Banyak bantal dapat membuat posisi tidur menjadi tidak alami dan topangannya pun tidak bertahan lama. Meski tidak akan menyebabkan sakit punggung, bantal bisa memperburuk gejala yang sudah ada. Saat tidur tanpa bantal, tulang punggung bisa beristirahat dan tubuh berada dalam posisi alaminya.

2. Membantu mengatasi sakit leher.

Kebanyakan bantal tidak bisa membantumu tidur dengan posisi yang tepat, dan bahkan dapat membuat postur tidur lebih buruk. Leher yang ditekuk terlalu lama akan membuatmu tidak nyaman, dan bantal yang terlalu keras atau pun lembut bisa menyebabkan sakit leher.

3. Melawan sakit kepala.

Jika saat bangun tidur kamu merasa pening, penyebabnya mungkin bantalmu. Bantal yang terlalu tinggi menyebabkan posisi kepala dan lehermu terlalu maju ke depan, dan menambah ketegangan di otot leher. Mungkin inilah yang menyebabkan sakit kepala di pagi hari setelah bangun dari tempat tidur.

4. Dapat meringankan stres.

Jika bantalmu membuat kamu tidak nyaman pada malam hari, kamu mungkin saja menjadi gelisah saat tidur. Semakin banyak gangguan saat tidur, semakin sedikit waktu bagi fungsi penting tubuhmu yang bekerja selama tidur. Gangguan tidur yang terus menerus bisa memengaruhi suasana hati dan keterampilan berpikir, dan membuat tubuhmu melepaskan lebih banyak hormon stres pada siang hari.

5. Mencegah jerawat di wajah.

Kulitmu akan berterima kasih karena kamu tidak lagi memakai bantal. Wajahmu biasanya menekan bantal hampir selama tidur. Kamu mungkin tidak mencuci sarung bantal setiap hari, yang membuat kotoran, minyak, dan debu rumah menempel di permukaannya. Semua ini bisa menyebabkan jerawat, kemerahan, dan keriput dini.

6. Bagus untuk rambutmu.

Jika bangun di pagi hari dengan rambut yang kering dan kusut, kamu mungkin perlu melupakan bantal demi rambutmu. Saat gelisah sewaktu tidur di malam hari, rambutmu bergesekan dengan sarung bantal dan membuatnya rapuh. Sarung bantal juga menyerap minyak pada rambut, membuatnya kering dan kusam.

Penafian: Ingat bahwa artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi. Untuk mendapatkan saran dan diagnosis profesional, hubungi dokter.

Apakah kamu tidur dengan atau tanpa bantal? Apa kamu sudah merasakan pengaruhnya padamu?

Kredit foto pratinjau Bright Side / YouTube
----
957
Bagikan Artikel Ini