Sisi Terang
Sisi Terang

Hati-Hati, 10+ Makanan Sehat Ini Bisa Meracuni Tubuhmu, lho!

Umumnya orang berpikir bahwa sejumlah makanan yang dianggap sehat bisa dikonsumsi tanpa rasa khawatir. Tapi sebenarnya, ada kelompok makanan yang bisa menguntungkan maupun membahayakan kesehatanmu. Sayuran cruciferous, seperti kale, bisa memiliki kandungan timbal tinggi, pala bisa menyebabkan mabuk, dan kuskus begitu rendah kandungan seratnya, sehingga tergantung pada pola makanmu, bisa meningkatkan lemak dalam tubuh, misalnya.

Sisi Terang ingin membantumu mengidentifikasi berbagai bahan makanan ini, agar kamu tahu pasti apa yang sedang kamu konsumsi.

1. Kale

Sayur-sayuran cruciferous, seperti kale, bisa mengakumulasi logam berat dari tanah dan sebagian di antaranya bisa mengandung kadar timbal tinggi. Jika kamu suka menambahkan kale ke dalam menumu sehari-hari, maka dianjurkan untuk menggantinya sesekali.

2. Kue beras

Kue beras bisa menjadi pengganti yang cocok bagi keripik dan kukis, tapi meskipun rendah kalori, kue beras masih termasuk jenis makanan olahan dan bisa kurang kandungan vitamin dan mineralnya. Selain itu, satu penelitian juga menemukan arsenik dalam makanan berbahan dasar beras.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa telah dipasarkan sebagai bahan makanan yang baik dan sehat, tapi sebenarnya kelapa mengandung lebih dari 80% lemak jenuh, sehingga akan meningkatkan kolesterol LDL serta peluangmu untuk menderita sakit jantung.

4. Ikan tuna segar

Meskipun kaya akan Omega 3, beberapa peneliti telah menemukan bahwa ikan tuna segar dari Samudra Atlantik tinggi kadar merkurinya, yang bisa menyebabkan keracunan.

5. Kayu manis

Kayu manis umumnya digunakan dalam teh, permen, dan sebagai bumbu. Tapi salah satu senyawa yang terkandung dalam kayu manis adalah kumarin, yang bisa beracun dan bersifat karsinogen.

6. Pala

Sebagian besar berasal dari Indonesia dan India, pala terkenal akan cita rasanya yang kaya. Tapi telah dilaporkan beberapa kasus mabuk karena pala. Terlalu banyak mengonsumsi rempah ini bisa menyebabkan halusinasi, detak jantung cepat, dan berefek antikolinergik.

7. Kopi

Sebagian orang mengandalkan kopi untuk tetap terjaga, berkonsentrasi, atau sekadar beristirahat di tengah hari. Tapi penelitian menunjukkan bahwa minum kopi berlebihan bisa memperparah osteoartritis, penyakit sendi, dan obesitas.

8. Kuskus

Karena rendah akan serat, jika kuskus dipadukan dengan bahan makanan yang tinggi kadar lemaknya, maka bisa meningkatkan massa lemak dan obesitas. Kuskus juga memiliki kadar karbohidrat tinggi, yang bisa memicu naiknya gula darah. Jika kamu menderita diabetes atau ada kencenderungan untuk mengidapnya, dianjurkan untuk menghindari makanan jenis ini.

9. Salmon asap

Sebagai produk dari polusi air dan proses pengasapan, salmon asap dilaporkan mengandung hidrokarbon aromatik polisiklik tinggi, yang bisa memiliki sifat beracun, menyebabkan mutasi, dan/atau karsinogen.

10. Teh kombucha

Kombucha adalah minuman fermentasi yang sedang tren karena manfaat kesehatannya yang terbukti. Tapi di saat yang sama, insiden mabuk kombucha dan gagal ginjal telah dilaporkan terjadi setelah meminumnya, menyebabkan konsumsi kombucha yang dianjurkan menjadi sekitar 114 g.

11. Kentang

Digoreng, direbus, atau ditumbuk, tidak masalah bagaimana cara kamu mengonsumsi kentang, tapi kalau kamu menjumpai kentang hijau, lebih baik melewatinya atau mengupas seluruh bagian yang berwarna hijau. Umbi semacam ini mengandung glycoalkaloids konsentrasi tinggi, senyawa beracun yang bisa menyebabkan mual dan muntah.

12. Mangga

Jika kamu punya riwayat keracunan daun ivy, lebih baik jauhi mangga. Keduanya mengandung bahan yang sama yang bisa menyebabkan gatal-gatal, kulit merah, kulit melepuh, dan lecet.

Apa kamu sudah tahu bahwa berbagai bahan makanan ini bisa berefek buruk bagimu? Apa kamu pernah mengalami masalah setelah mengonsumsinya? Beri tahu kami, ya!

Kredit foto pratinjau Born500YearsEarly / Reddit
Sisi Terang/Kesehatan/Hati-Hati, 10+ Makanan Sehat Ini Bisa Meracuni Tubuhmu, lho!
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya