Ilmuwan Menjelaskan 2 Prinsip yang Membuat Berat Badanmu Turun dengan Mudah

Banyak orang mencari cara efektif tanpa rasa sakit untuk menurunkan berat badan yang mungkin bertambah pada bulan-bulan musim hujan yang dingin. Jika kamu kesulitan menjalani diet dan berharap bisa menurunkan berat badan tanpa larangan makan ini itu, mungkin kami punya cara yang cocok untukmu.

Di artikel ini, Sisi Terang akan membagikan dua cara mudah untuk mengurangi makan tanpa perlu menguji pengendalian dirimu. Jangan lewatkan juga bonus di akhir artikel ini—kamu akan belajar satu trik tambahan untuk menurunkan berat badan lebih cepat.

1. Ganti piring.

Menurut gastrofisika, lingkungan memengaruhi kebiasaan makan kita secara langsung. Bobot alat makan serta bentuk, ukuran, dan warna piring—semua ini bisa menentukan seberapa banyak yang akan kamu makan.

Jadi, pertama-tama, kamu harus menyingkirkan semua piring besar dan membeli piring berukuran kecil. Ini karena jumlah makanan yang sama terlihat berbeda di atas piring besar dan piring kecil. Kalau mengambil porsi sedikit dengan piring besar, pikiranmu akan mengatakan itu tidak cukup, dan kamu mungkin akan menambahnya sampai piringmu penuh. Ini bisa menyebabkan kamu makan terlalu banyak.

Tapi jika kamu mengambil porsi yang sama dengan piring kecil, makanannya akan tampak lebih banyak. Jadi, kamu akhirnya akan makan lebih sedikit atau cukup untuk memuaskan rasa laparmu. Dengan kata lain, jika kamu menukar piring berdiameter 25 cm dengan yang berdiameter 18 cm, kamu bisa mengurangi asupan kalori sampai 22 persen. Perbedaan persepsi ukuran ini disebut Ilusi Delboeuf.

2. Pilih warna yang tepat.

Bukan hanya ukuran piring yang berpengaruh. Warna juga memainkan peran besar. Untuk menurunkan berat badan, kamu harus memilih piring yang berwarna paling kontras dengan makananmu.

Misalnya kamu punya piring putih dan piring merah, lalu harus menyajikan pasta yang dicampur dengan saus alfredo putih dan saus tomat merah. Jika kamu menaruh saus putih pada piring putih, kamu mungkin akan menyajikannya terlalu banyak. Ini karena warnanya membaur dan porsinya tidak kelihatan banyak. Tapi jika kamu menaruh saus putih pada piring merah, perbedaan warnanya akan lebih jelas dan kamu tidak akan menyajikannya terlalu banyak.

Mungkin bisa jadi ide bagus untuk mengubah warna meja makanmu, tapi jika tidak memungkinkan, mengubah warna taplak meja bisa bantu mendapatkan kontras yang diinginkan juga.

Jika kamu ingin selangkah lebih jauh, pilih piring merah karena warna ini dianggap sebagai penekan nafsu makan.

Bonus: Minum air sebelum makan.

Sebelum makan, minum setidaknya satu gelas penuh air, atau lebih baik lagi, dua gelas. Air akan mengisi perutmu dan kamu mungkin akan makan dengan porsi lebih kecil.

Minum 0,5 liter air juga bantu membakar sekitar 30% kalori lebih banyak, satu jam setelah meminumnya.

Semoga tips ini berguna bagimu. Jika ada yang ingin kamu tambahkan terkait diet untuk menurunkan berat badan atau kamu sudah mencoba tips ini, beri tahu kami di kolom komentar, ya!

Bagikan Artikel Ini