Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Ini yang Akan Terjadi pada Tubuhmu jika Memijat Telinga Setiap Hari

----
900

Stres, rasa cemas, sakit kepala, atau kantuk—semua orang punya masa-masa tidak menyenangkannya sendiri. Tapi solusinya cukup sederhana—memijat telinga! Ini merupakan sensasi penenang saraf yang dapat membebaskanmu dari masalah dan rasa sakit. Dan bagian terbaiknya adalah bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dengan cepat dan mudah.

Sisi Terang selalu mencari praktik menarik dan bermanfaat untuk pembaca kami. Dan kali ini, dengan senang hati, kami berikan bocoran kumpulan pijat rahasia ini. Di akhir artikel, kami sudah menyertakan panduan pijat mandiri. Dicatat, ya!

Nyeri otot akan hilang.

Sebuah eksperimen dilakukan untuk menguji dan mencari tahu apakah memijat telinga dapat membantu mengurangi rasa sakit orang-orang penderita punggung bawah kronis. Hasilnya menunjukkan bahwa prosedur sederhana ini merupakan cara efektif untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Tarik perlahan dan usap seluruh area telinga, khususnya daun telinga, untuk menstimulasi banyak ujung saraf, dan membantu otak melepaskan endorfin. Hormon ini diketahui membuat kita merasa nyaman dan membantu menghilangkan rasa sakit. Menerapkannya juga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa berkat pemijatan sederhana ini, kita mampu menahan rasa sakit fisik dengan lebih baik, dan batasan rasa sakit juga meningkat.

Tingkat stres dan kecemasan akan menurun.

Studi kecil lain yang dilakukan adalah terhadap pasien selama masa fertilisasi in vitro (pembuahan bayi tabung). Hasilnya membuktikan bahwa memijat telinga adalah tindakan yang tepat ketika berada dalam situasi penuh tekanan seperti ini. Pijat titik shenmen (heavenly gate point) telinga dengan gerakan memutar secara perlahan jika merasa tertekan, panik, gelisah, lelah, atau kesal. Titiknya terletak di bagian atas telinga, yang terasa seperti rongga berbentuk segitiga.

Kamu akan merasakan sakit kepala dan migrain hilang.

Tidak seperti obat pereda rasa sakit yang dapat memberikan efek samping berbahaya serta merusak tubuh dan kesehatan, stimulasi telinga pada umumnya aman. Kamu bahkan bisa menggabungkannya dengan alternatif yang lebih alami seperti teh daun mint untuk hasil yang lebih efektif.

Berat badan bisa turun lebih cepat.

Selain berolahraga secara rutin dan menjaga asupan makanan yang sehat, kamu juga bisa mulai mengusap berbagai titik di telinga setiap hari. Ternyata, digabungkan dengan rutinitas penting lainnya, memijat dapat membantu mengurangi berat badan lebih cepat. Setelah mendapatkan berat badan yang diinginkan, pastikan kamu terus melakukannya untuk menjaga berat badan dan tetap sehat.

Dapat membantu melawan insomnia.

Karena stimulasi telinga bisa memberi efek rileks, kamu bisa menerapkannya sebelum tidur untuk menenangkan diri dan meregangkan otot. Meskipun prosedur ini saja tidak bisa menghilangkan insomnia seutuhnya, melakukannya dapat membantumu rileks, yang tentunya penting agar bisa tidur nyenyak. Ini juga bisa dijadikan tambahan untuk pengobatan lain yang sudah kamu lakukan.

Membantu memberikan energi ekstra.

Kamu bisa meninggalkan kebiasaan minum kopi di pagi hari untuk menyegarkan badan. Jadi, cobalah mengusap telinga sedikit lebih intens. Menstimulasi ujung saraf telinga dapat mengaktifkan pusat otak tertentu dan menghilangkan rasa letih. Kamu juga bisa melakukannya saat menjalani hari, ketika rasa lelah mulai sulit dikendalikan dan energimu kurang.

Bonus: Cara memijat telinga sendiri

Cobalah gerakan ini:

  • Tarik lembut bagian atas telinga menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Usap perlahan jari ke arah depan dan belakang, mengarah ke tepi luar telinga.
  • Pijat lipatan belakang telinga dengan bergerak ke arah bawah. Kamu juga bisa coba mengikuti garis tepi dan lengkungan daun telinga — jepit daun telinga di antara dua jari, lalu tarik telinga ke atas secara perlahan.
  • Tarik daun telinga ke arah luar. Jepit daun telinga di antara dua jari, lalu buat gerakan melingkar untuk memijat perlahan daun telinga.
  • Tarik juga kulit di belakang telinga, lalu bergerak searah garis tepi telinga. Kamu bisa melakukannya hingga jari menyentuh rahang.
  • Letakkan telapak tangan di telinga sehingga telinga tertutup sepenuhnya. Tekan, lalu tarik tangan ke arah bawah hingga bagian atas daun telinga terlipat.
  • Tutup daun telinga menggunakan telapak tangan lagi, lalu buat gerakan melingkar dengan tangan.

Apa kamu tahu teknik pijatan lain? Ayo bagikan pengalamanmu di kolom komentar!

----
900
Bagikan Artikel Ini